JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kebiasan yang Bisa Turunkan Imunitas dan Mudah Diserang Penyakit

Ilustrasi olahraga. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Gaya hidup tidak sehat, seperti malas berolahraga, kurang tidur dan makan malas makan makanan sehat seperti buah dan sayuran membuat imun tubuh lemah.

Sebaliknya jika selalu menerapkan pola hitup sehat dengan makan makanan gizi seimbang, rajin berolahraga, cukup tidur dan dibantu dengan suplemen vitamin dapat memperkuat imunitas.

Lalu apa saja yang bisa menyebabkan imunitas bisa turun dan naik?

Ahli diet Mansi Padechia dari India mengungkap beberapa hal penting yang harus diingat agar kekebalan tubuh tidak turun.

“Tubuh kita cukup sering menunjukkan tanda-tanda sistem kekebalan yang kuat. Salah satu contohnya adalah ketika Anda mendapatkan gigitan nyamuk. Gatal merah dan bentol adalah tanda sistem kekebalan sedang bekerja.

Flu atau pilek adalah contoh khas tubuh yang gagal menghentikan kuman/bakteri sebelum masuk,” ujar dia, seperti dilansir dari Indian Express, Rabu, (21/7/2021).

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Tapi ketika tubuh pulih atau sembuh dari pilek, itu menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh sudah bekerja. “Jika sistem kekebalan tidak melakukan apa pun, Anda tidak akan pernah bisa mengatasi flu, atau apa pun dalam hal ini. Ketika sakit, tubuh Anda tidak dapat bekerja secara maksimal.”

Inilah kebiasaan yang bisa membuat imunitas menurun. Hati-hati jika sering melakukannya.

1. Kurang tidur

Tubuh melepaskan sitokin, sejenis protein yang membantu fungsi kekebalan tubuh. Tapi itu hanya diproduksi saat tidur. Jadi kurang tidur tidak membuat tubuh cukup memproduksinya sehingga kekebalan rubuh bisa lemah.

2. Kecemasan dan stres

Kortikosteroid, jenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, sering disebut sebagai hormon stres. Hormon yang diproduksi saat sedang cemas atau stres ini mengurangi efektivitas sistem kekebalan dengan menurunkan jumlah limfosit.

Baca Juga :  Sederet Makanan Lebaran ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

3. Kurangnya asupan buah dan sayuran

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak seng, beta-karoten, vitamin A, C, E, dan nutrisi lain yang membantu pembentukan sel darah putih atau leukosit. Begitu pun dengan sayuran dan buah.

4. Kurang Vitamin D

Reseptor vitamin D hadir pada banyak jenis sel kekebalan dan berfungsi secara aktif untuk mencegah infeksi.

5. Kurang olahraga

Latihan aerobik membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien. Ini berarti sel-sel dalam darah yang berfungsi melawan kuman juga akan mencapai semua organ tubuh, membuat imunitas bertambah baik. Ini sulit terjadi jika kurang olahraga.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com