JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kemenag Solo Imbau Masyarakat Laksanakan Salat Idul Adha dan Takbiran di Rumah Saja

Pelaksanaan sholat Idul Adha. Foto Ilsutrasi Foto: Dok UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM — Kantor Kemenag Solo menyosialisasikan terkait peniadaan Salat Idul Adha dan kegiatan takbiran pada momen Idul Adha tanggal 20 Juli 2021 mendatang. Merujuk pada instruksi Menteri Agama, hal itu diberlakukan di Kota Solo.

Kepala Kantor Kemenag Solo, Hidayat Masykur mengatakan, surat edaran terkait hal itu segera diselesaikan untuk diedarkan pada masyarakat melalui masjid-masjid.

Sebagai pertimbangan, Kota Solo masih dalam kategori level 4 penyebaran virus covid-19 sehingga Salat Idul Adha dapat diadakan di rumah masing-masing. Seluruh fasilitas keagamaan bagi masjid, mushola tidak diperbolehkan menyelenggarakan Salat Jamaah Idul Adha.

Baca Juga :  Manfaatkan Bulan Ramadan, Masjid Sheikh Zayed Solo Edukasi Penggunaan Air Pada Pengunjung

“Dan yang boleh takbiran ya hanya marbot atau takmir masjid kemudian disiarkan melalui sistem yang ada. Masyarakat mengikutinya dari rumah masing-masing,” tegasnya, Selasa (13/7/2021).

Hidayat mengakui, keputusan kali ini berbeda dengan momen Idul fitri sebelumnya dimana kegiatan salat jamaah Idul Fitri dan takbiran masih diperbolehkan diselenggarakan di masing-masing masjid lingkungan.

“Ya karena kondisi saat ini berbeda dengan saat Idul Fitri. Sekarang kan kita sedang berada di kondisi darurat. Jadi ya disesuaikan. Kasihan nanti kegiatan penertiban menjadi sia-sia kalau kita mengizinkan salat jamaah atau takbiran yang mengumpulkan orang banyak,” ujarnya.

Baca Juga :  Bayar Zakat Fitrah Makin Mudah, Ini Besaran dan Caranya

Di sisi lain, Hidayat mengungkapkan, pelaksanaan Instruksi Menteri Agama kali ini bersifat himbauan bagi masyarakat. Sedangkan terkait aturan yang ditingkatkan menjadi larangan, hal itu menjadi wewenang Pemkot Solo.

“Kita sifatnya menghimbau. Nanti kalau bentuk karangan, yang membuat dari Pemkot. Dan kami mengajak masyarakat untuk mematuhi hal itu,” bebernya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com