JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kepergian Ki Manteb Sudarsono Membuat Kalangan Seniman Merasa Kehilangan

Sudjiwo Tedjo / tempo.co
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepergian dalang legendaris asal Sukoharjo, Ki Manteb Sudarsono pada Jumat (2/7/2021) tak urung membuat kalangan seniman dan budayawan di tanah air merasa terkejut.

Salah satunya adalah budayawan Sudjiwo Tedjo. Melalui akun twitternya, ia meminta klarifikasi atas berita tersebut. Saat itu pula, pertanyaan Sudjiwo terjawab oleh salah seorang pengguna twitter.

Gus Mus yang bernama asli Mustofa Bisri, melalui cuitan yang diunggah Sudjiwo Tedjo dalam akun twitternya juga terkejut.

Dalam potongan pesan Whattaps yang diunggah oleh Sudjiwo Tedjo, Gus Mus menyampaikan bahwa dirinya baru saja mendengar rekaman lakon yang dimainkan oleh Ki Manteb Sudarsono.

“Innalillahi wainna ilaihi raji’uunn…. Iki rekaman lakone Durno Gugur Dursasana Jambak lagi wae tak tonton. Allahummagfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu…. Al Fatihah” ungkapnya.

Diketahui, Ki Manteb meninggal pada usia 72 tahun. Pemakamannya dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Salah seorang sahabat, Sugeng Nugroho, mengatakan bahwa Ki Manteb meninggal dengan diagnosa positif Covid-19.

Dikenal sebagai dalang yang terampil, meninggalnya Ki Manteb mengundang banyak ucapan bela sungkawa dari pengguna twitter. Salah satu akun @mpujayaprema mengungkapkan kesedihannya karena tidak bisa melayat langsung ke Karanganyar.

“Betul Ki Manteb Sudarsono wafat pagi ini. Andai zaman normal dan bukan darurat, saya pastilah melayat ke Karanganyar. Dia bukan saja kondang bagi penggemar wayang Jawa, tapi dekat dengan orang-orang Bali yang punya pua/padepokan di Karangpandan, rumahnya. Sorga untukmu Ki…”

Selamat jalan Ki Manteb Sudarsono, jasa dan karyamu akan selalu dikenang. Harum Ika Praningrum

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com