JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mahfud MD Kritisi Sinetron Ikatan Cinta: Kasus Pembunuhan Roy, Tak Sembarang Orang Mengaku Lalu Ditahan

Mahfud D. Dok UNS
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberikan komentar kepada sinetron Ikatan Cinta yang ditayangkan di RCTI.

Cuitan tak biasa Mahfud MD tersebut diunggah melalui akun witter pribadinya @mohmahfudmd.

Ia mengaku berkesempatan menonto sinetron Ikatan Cinta. Penerapan PPKM Darurat membuatnya memiliki waktu luang di rumah lebih cukup untuk mulai menonton sinetron yang dibintangi Amanda Manopo dan Arya Saloka itu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu pun menuliskan cuitannya. “PPKM memberi kesempatan kepada saya nonton serial sinetron Ikatan Cinta. Asyik juga sih, meski agak muter-muter,” cuitnya di akun Twitternya, satu jam lalu, Kamis malam, 15 Juli 2021.

Selain itu, Mahfud menilai, pemahaman hukum si penulis cerita tidak tepat. Di sinetron itu diceritakan Sarah, ibu kandung Elsa Anindita dan ibu tiri Andini Karisma Putri mengaku sebagai pembunuh Roy Alfahri.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Mahfud MD kritik jalan cerita Sinetron Ikatan Cinta.(Tangkap layar twitter @mohmahfudmd)

Padahal, pembunuh Roy, empat tahun lalu adalah Elsa yang selanjutnya memfitnah Andin dan membuatnya menjalani hukuman yang tidak dilakukan saat hamil.

Dari logika hukum itu, kata Mahfud, tak seharusnya pengakuan Sarah yang tak ingin anaknya masuk tahanan, secara otomatis membuatnya merasakan dinginnya sel. “Padahal pengakuan dalam hukum pidana itu bukan bukti yang kuat,” tulisnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menuturkan, si penulis cerita jelas kurang memiliki pemahaman hukum yang luas. “Lah, dalam hukum pidana tak sembarang orang mengaku lalu ditahan. Kalau begitu nanti banyak orang buat jahat lalu menyuruh (membayar) orang untuk mengaku sehingga pelaku yang sebenarnya bebas,” tulisnya.

Sinetron Ikatan Cinta telah menjadi sihir bagi masyarakat Indonesia terutama kelompok ibu-ibu. Komika Uus dan Deddy Corbuzier pun mengatakan, Ikatan Cinta yang juga dibintangi oleh Evan Sanders dan Glenca Chysara ini bisa membuat ibu-ibu tidak mengalami stres karena pandemi. Dengan menonton drama yang tayang sejak Oktober tahun lalu, stres akibat pandemi yang tak kunjung usai itu teralihkan dengan tontonan yang berhasil meraih rekor MURI itu.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Cuitan Mahfud MD soal Ikatan Cinta ini menjadi menarik perhatian para pengguna Twitter Indonesia. “@MNC_Pictures, Hayo MNC. Ni lo disinggung sama Pak Mahfud. Benar kan. Yang cinta, suka, dan mengamati sinetron kalian bukan cuma warga kopong. Semoga @MNC_Pictures bisa lebih hati-hati ya ke depannya,” cuit @Fahrunnnn. @donna_rosmayna punten Bu Penulis, sudah dikritik oleh pak menteri, tolong diperbaiki lagi ya cacat secara hukumnya,”cuit @Afannputri.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com