JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Masyarakat Jateng yang Isoman akan Mendapatkan Paket Obat Gratis

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Humas Pemprov Jateng/jatengprov.go.id
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah pusat akan memberikan paket obat gratis kepada pasien Covid-19 kategori OTG dan bergejala ringan.

Paket obat berjumlah 300 ribu dan akan dibagikan kepada masyarakat mulai Rabu (14/7/2021) besok.

Agar pemabagian obat bisa terlaksana dengan baik, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 dan sedang isolasi mandiri di rumah untuk segera melapor, Senin (12/7/2021) malam.

“Rencana kita dapat paket obat untuk membantu masyarakat yang positif Covid-19. Saya minta bantuan masyarakat, ayo yang saat ini isolasi mandiri di rumah dan belum melapor, segera lapor sekarang,” ujar Ganjar usai rapat dengan Menko Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan via daring.

Lanjut Ganjar, agar cepat, masyarakat bisa lapor melalui RT/RW setempat. Nantinya, RT/RW akan melaporkan ke kades/ lurah masing-masing, agar semuanya mendapatkan bantuan paket obat itu.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

“Kalau ini dilakukan, selain memudahkan pembagian obat juga akan memperbaiki database warga yang isolasi mandiri di rumah. Sehingga harapannya, mereka bisa dipantau perkembangannya,” imbuhnya.

Ganjar menerangkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kodam IV/Diponegoro terkait pendataan warga yang isolasi mandiri. Seluruh Babinsa yang ada di lapangan telah dioptimalkan untuk melakukan pendataan.

“RT/RW dan Kades/Lurah saya harap segera melaporkan. Nanti kami backup dengan Pangdam. Mudah-mudahan satu atau dua hari laporan sudah masuk,” jelasnya.
Selain itu, gubernur juga akan menyiapkan call center untuk memudahkan pendataan warga yang isolasi mandiri di rumah itu. Masyarakat diminta proaktif untuk melaporkan jika ada keluarganya yang menjalani isolasi mandiri.

Disinggung berapa jatah paket obat gratis yang akan diterima Jateng, Ganjar mengatakan belum ada alokasi yang ditetapkan. Namun rencananya, dari 300 ribu paket obat, tahap pertama akan disalurkan sebanyak 100 ribu ke beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jawa Tengah.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

“Untuk alokasinya berapa, kita belum dapat angkanya. Tadi memang disampaikan angka, tapi itu baru simulasi yang masih perlu disempurnakan lagi. Soalnya jatah Jateng cukup banyak, tapi daerah lain sedikit. Saya belum dapat berapa fix-nya. Kami sudah koordinasi dengan Pandam terkait pendataan, mudah-mudahan segera selesai. Untuk obat informasinya datang besok,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah pusat akan memberikan bantuan paket obat gratis pada masyarakat yang positif Covid-19 kategori OTG dan bergejala ringan. Sebanyak 300 ribu paket obat akan disalurkan mulai Rabu besok

Adapun komposisi paket obat yang bakal diberikan terbagi menjadi tiga. Rinciannya 10 persen untuk pasien OTG, 30 persen untuk pasien Covid-19 bergejala demam dan batuk, serta 60 persen untuk pasien dengan gejala anosmia. Satria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com