JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Meski Jalani Isolasi, Tak Halangi Ventje Suardana Galang Obat-obatan untuk Para Penderita Covid-19

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana (kiri) bersama Direktur Utama PT Duta Anggada Realty Ventje Suardana. Foto: istimewa
   

 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM —-Di saat terjadi kelangkaan obat-obatan terutama yang terkait dengan kebutuhan mereka yang kena Covid-19, Direktur Utama PT Duta Anggada Realty Tbk Ventje Suardana tanpa ragu berbagi obat yang seharusnya dikonsumsinya untuk sesama penderita Covid-19. Dia rela melakukan itu agar orang yang dibantunya segera sembuh.

Di samping itu, dalam kondisi kena Covid-19, Ventje terus berusaha mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan dirinya dan penderita Covid-19 lainnya. Berbagai upaya dilakukannya.

Mulai dari mengontak teman-temannya yang diyakini menyimpan obat-obatan yang dibutuhkan hingga menghubungi para pemilik apotek yang selama ini menjadi langganannya.

Sebagian obat yang dibutuhkan berhasil didapatkannya. Sedangkan beberapa jenis obat kosong di apotek. “Saya sampai minta tolong ke teman-teman dan para pemilik apotek agar bisa mendapatkan semua obat yang dibutuhkan. Karena stoknya habis sehingga mereka tidak dapat memberikannya,” ujar Ventje pelan.

Padahal Ventje sangat membutuhkan obat-obatan itu terutama untuk banyak orang yang sangat memerlukannya. Sebagian ada yang sakitnya parah.

“Sebagai sesama penderita Covid-19 saya bisa membayangkan yang bakal terjadi kalau obat yang dibutuhkan tidak ada. Pasiennya pasti menderita sekali menahan sakit,” lanjut Ventje yang sejak awal pandemi Covid-19 telah mendistribusikan  obat-obatan termasuk berbagai vitamin kepada banyak orang.

Kena penyakit Covid-19 bukan berarti hanya memikirkan diri sendiri untuk sembuh. Namun bisa membantu orang lain yang mengalami sakit yang sama agar segera sehat.

Ventje telah mencontohkan hal itu. Tanpa gembar-gembor, dalam kondisi sakit Covid-19, laki-laki asal Surabaya, Jawa Timur tersebut membantu banyak orang yang juga sedang mengalami sakit serupa.

Ceritanya bermula dari sekitar tiga minggu lalu. Ventje merasakan tubuhnya seperti orang yang mengalami Covid-19. Karena belum melaksanakan rapid tes antigen dan tes swab sehingga belum tahu kepastiannya. Dia hanya menduga-duga saja.

Persis dua minggu lalu, Senin, 28 Juni 2021 hasil tes swab Ventje positif. Karena gejala ringan sehingga bapak dua anak itu memutuskan isolasi mandiri di rumahnya di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Untuk penyembuhannya selain istirahat total, Ventje minum berbagai jenis obat, dan memakan aneka makanan yang diyakni dapat mempercepat penyembuhannya. Kakek dari satu cucu itu konsisten melakukannya.

Dalam kondisi sakit Covid-19 dan isolasi mandiri di rumah, Ventje mendapat kabar ada beberapa temannya yang sakit Covid-19 seperti dirinya. Pria yang sangat rendah hati ini spontan mengirimkan obat-obatan kepada mereka sambil terus memonitor perkembangan kesehatan mereka.

 

Buat Erwin dan Satria

Diawali pemberian obat-obatan kepada mantan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Pikiran Rakyat Bandung, Jawa Barat, Erwin Kustiman dan putranya Muhammad Satria Wibawa Mukti yang dititipkan kepada Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana.

Erwin dan Satria kena Covid-19 waktunya hampir bersamaan dengan Ventje. Mereka berdua memutuskan isolasi mandiri awalnya di Hotel De Batara Jalan Cihampelas No 112 Bandung. Dua malam di sana.

Sambil istirahat di hotel itu, Erwin berusaha mencari informasi dan tempat isolasi mandiri yang lebih baik. Terutama yang ada dokter yang memonitor perkembangan kesehatan pasien selama 24 jam.

Waktu itu ada beberapa alternatif tempat termasuk rumah sakit darurat di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD). Kepada Aqua, Erwin menyampaikan sewaktu-waktu akan kontak jika mau pindah ke rumah sakit tersebut.

“Pak Aqua kan teman akrab Komandan Secapa AD Bapak Mayjen TNI Ferry Zein. Jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan bapak untuk pindah ke sana, saya akan kontak Pak Aqua. Mohon bantuannya,” ujar Erwin.

Aqua menyatakan setiap saat siap membantu Erwin. Apapun akan dilakukan bapak dari Alira Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana untuk meringankan beban teman akrabnya itu.

Dua hari kemudian Erwin dan Satria pindah ke rumah singgah milik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Barat di Cimahi. Mereka 11 malam di sana. Setelah merasa sehat sama dokter diijinkan pulang ke rumah.

Pada Rabu sore, 30 Juni 2021, seusai acara Sharing Komunikasi dan Motivasi dua sesi di Secapa AD di Bandung, Dr Aqua mengantarkan obat-obatan titipan Ventje kepada Erwin di BPSDM Jawa Barat.

Aqua ketemu Erwin dalam jarak lebih dari enam meter. Mereka dibatasi bilik disinfektan. Semua obatnya diletakkan di bilik itu. Kemudian diambil Erwin.

Erwin sama sekali tidak menyangka ketika Aqua datang ke sana. Apalagi sebelumnya tidak memberi tahu lebih dulu. Sehingga saat dihubungi lewat telepon, Erwin kaget.

Selama ini Ventje memiliki langganan beberapa apotik di Jakarta. Setiap saat jika dia membutuhkan obat, dibantu oleh para pemilik apotik tersebut.

 

Bantu Taruna Akademi Militer

Ventje mulai intens mengenal banyak obat setelah Papanya Rudy Suardana mengalami serangan stroke yang pertama pada 1994. Sejak itu pengetahuannya tentang obat bertambah.

Selama pandemi Covid-19 ini Ventje telah menolong banyak orang dengan memberikan obat gratis kepada yang membutuhkannya. Termasuk pada 2020 lalu saat vitamin langka di pasaran, Ventje mengirimkan banyak vitamin kepada taruna Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Salah seorang taruna tingkat III yang mendapatkan vitamin itu adalah Reizalka Dwika Monardo. Dia putra kedua Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (waktu itu-red) Letjen TNI Doni Monardo. Rencananya Selasa besok, 13 Juli 2021, Alka panggilan akrab Reizalka Dwika Monardo bersama teman seangkatannya di TNI dan Polri akan dilantik oleh Presiden Jokowi.

“Terima kasih kepada Pak Ventje Suardana yang telah mengirimkan banyak vitamin  kepada Alka dan teman-temannya para taruna Akademi Militer di Magelang. Itu sangat berguna buat mereka,” ungkap Doni waktu itu.

Mereka yang mendapat kiriman obat dari Ventje kondisinya mulai sehat. Erwin dan Satria pada Kamis, 8 Juli 2021 lalu telah meninggalkan rumah singgah milik BPSDM Jabar dan kembali ke rumahnya di Bandung.

 

Senin pagi Ventje mendapat kabar gembira. Hasil tes swabnya positif. Meski begitu Ventje memutuskan tetap istirahat di rumah. Apalagi saat ini sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali.

Ketika disinggung tentang telah banyak bantuan obat yang diberikannya kepada masyarakat, dengan rendah hati Ventje mengatakan, “Semuanya karena Tuhan. Bantuan yang telah saya berikan tidak ada artinya dibandingkan sumbangsih berbagai pihak terhadap pasien Covid-19. Saya berbuat sesuai kemampuan saya. Kebetulan beberapa pemilik apotek di Jakarta teman saya.”

Keteladanan Ventje adalah contoh nyata membantu tanpa pamrih saat pandemi Covid-19. Meski dalam kondisi sakit dan berjuang agar sembuh, namun tetap memiliki kepedulian yang tinggi pada sesama dan secara konkrit memberikan bantuan kepada banyak orang.(ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com