JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Peduli Jurnalis Terdampak Covid-19, Kophi Galang Dana Lewat BenihBaik.com

Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk membantu jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19, Komunitas Jurnalis Hiburan (Kophi) menggalang dana melalui BenihBaik.com.

Penggalangan dana tersebut dikemas dalam kampanye bertajuk KOPHI x BenihBaik, Peduli Teman-teman Jurnalis.

Kampanye https://m.benihbaik.com/campaign/kophi-butuh-bantuan-kamu itu berlangsung mulai Jumat (16/7/2021) dan akan berakhir pada 87 hari ke depan.

Kampanye itu bertujuan mengajak korporasi dan publik untuk terlibat untuk membantu jurnalis yang terdampak pandemi Covid-19.

Pasalnya, jurnalis selain berisiko tinggi saat melakukan liputan, juga sebagian besar terdampak secara ekonomi.

Bisnis media mengalami surut demikian juga awaknya. Beberapa dari mereka banyak yang kehilangan pekerjaan karena media di mana mereka bekerja terpaksa ditutup, ada yang dikurangi pendapatannya, dan bahkan harus banting setir menjadi pengusaha kecil.

Dengan keahliannya dan kemudian didukung oleh keluarga, para jurnalis ini kemudian mendirikan usaha kecil, ada yang menjual mie ayam, keripik, minuman, mainan, dan juga masakan.

Baca Juga :  Terbukti Langgar Kode Etik, Pelapor Kecewa Anwar Usman Hanya Diberi Teguran Tertulis

Usaha-usaha ini dilakukan untuk menutupi kebutuhan hidup yang semakin bertambah.

Kophi kemudian membuat sebuah program bernama Jurnopreneur di mana akan memberi kesempatan dan bantuan permodalan bagi teman-teman jurnalis untuk mengembangkan atau berniat buka usaha (UMKM).

Ketua Kophi, Benny Benke mengatakan, sejak awal pandemi Covid-19, Kophi sudah beberapa kali menggalang dana bagi rekan-rekan yang terdampak Covid-19.

“Meski begitu, kami menyadari bahwa masih banyak rekan jurnalis membutuhkan bantuan dalam bentuk yang lain. Seperti, modal usaha agar mereka lebih mandiri,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews, Senin (19/7/2021).

Dua kisah yang hendak dibagikan dari jurnalis yang telah menjalankan usaha adalah Aris Danu. Jurnalis Inilah.com dan istrinya berjualan mie ayam.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

“Sejak pandemi datang, supaya tidak stres, saya coba mencari kegiatan, berjualan mie ayam, mulai membuat tanaman hidroponik, hingga belajar membuat aneka kue,” kata dia.

Sedikit berbeda dengan Wahyu Nugroho dari Sindonews.com. Saat sering work from home, dia memiliki waktu untuk mendukung aktivitas istrinya.

“Istri saya jualan hijab, kue kering, dan bawang, saya bisa membantunya berjualan sambil bergantian mengasuh anak,” katanya.

Andy F Noya, CEO dan founder BenihBaik.com cukup trenyuh dengan kondisi ini.

“Sebagai jurnalis saya tentu tersentuh dengan usaha positif ini, artinya mereka sadar terdampak, dan tidak tinggal diam, terus berupaya. Kampanye mereka untuk medapatkan modal usaha tentu kami dukung,” katanya. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com