JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Opini

Pendidikan Akhlak dan Pelestarian Lingkungan

Indonesia sebagai Negara yang melintang di garis khatulistiwa dan dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, baik biotik maupun abiotik, dan di darat maupun laut harus bisa membuka mata hati kita untuk senantiasa bersyukur atas nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada bangsa ini.

Manusia yang diturunkan ke bumi menjadi khalifah untuk menjaga kehidupan alam. Sebagai penjaga alam di muka bumi, manusia yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling berakal sudah sepatutnya menjaga dan memakmurkan bumi sebagai tempat tinggal dan tempat mengabdi terhadap Tuhannya.

Rasa syukur terhadap nikmat tersebut tercermin dari perbuatan kita sehari-hari, dimulai dari tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan air, menanam pohon, menyayangi binatang, menjaga kebersihan lingkungan dan perbuatan lainnya yang mencerminkan kecintaan kita terhadap alam.

Baca Juga :  IMBAS PGP BAGI EKOSISTEM SEKOLAH

Sebagai seseorang yang pernah mengenyam bangku sekolah, di mana di sekolah telah diajarkan dan diterapkan perilaku-perilaku peduli lingkungan, maka sudah menjadi tugas tidak tertulis bagi kita untuk menerapkan sekaligus menularkan dan menurunkan sikap peduli lingkungan dengan menjadi penggerak di lingkungan tempat kita tinggal.

Hal ini tentu perlu dimulai dari diri sendiri, keluarga dan kerabat dekat, hingga masyarakat pada umumnya. Lingkungan yang baik akan melahirkan kenyamanan dan masa depan yang baik pula untuk masa depan generasi penerus kita semua.

Baca Juga :  IMBAS PGP BAGI EKOSISTEM SEKOLAH

Pelestarian lingkungan harus selalu tercermin di sekolah sebagai bentuk penerapan cinta lingkungan di sekolah sehingga siswa akan terbiasa dan selalu menerapkan kecintaannya terhadap lingkungan ketika berada di luar lingkungan sekolah, seperti di lingkungan rumah dan masyarakat.

Untuk itu, pendidikan akhlak yang diterapkan dan dibiasakan kepada siswa selama kurun waktu minimal 12 tahun tersebut, termasuk menerapkan kecintaan terhadap lingkungan diharapkan akan berdampak baik pada kelestarian lingkungan sekitar secara berkelanjutan di masa mendatang. (*)

Ayuana Kartika Dewi

Mahasiswa S2 Pendidikan Sains Pascasarjana FKIP UNS Surakarta

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua