JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Percepat Herd Immunity, Kimia Farma Sediakan Vaksin Individu Mulai 12 Juli 2021

Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Seiring dengan percepatan program vaksinasi Covid-19, PT Kimia Farma Tbk telah menyiapkan vaksin individu yang bisa dibeli masyarakat mulai Senin (12/7/2021).

Vaksin itu memiliki manfaat untuk  mempercepat proses pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Kemenkes (Kementerian Kesehatan) sudah mengeluarkan aturan teknis mengenai vaksin gotong royong diperbolehkan tidak hanya untuk perusahaan, tapi individu,” ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga, Sabtu (10/7/2021) malam.

Menurut Arya Sinulingga, setelah keluar aturan main, Kimia Farma dalam beberapa hari ini sudah menyiapkan (vaksin individu) supaya bisa secepatnya membantu herd immunity.

Baca Juga :  1 Jam Rosan Roeslani Bertemu Pratikno, Membahas Susunan Kabinet untuk Pemerintahan Prabowo?

Dijelaskan, vaksinasi berbayar merupakan bagian dari program vaksin gotong royong. Bila sebelumnya vaksin itu hanya dilakukan oleh perusahaan, dalam beberapa waktu ke depan akses vaksin untuk Covid-19 tersebut bisa dinikmati masyarakat secara perseorangan.

Adapun pelaksanaan vaksin gotong royong individu mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 18 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes Nomor 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Arya menjelaskan upaya tersebut adalah langkah yang dilakukan supaya vaksinasi semakin cepat diterima masyarakat.

Meski ada vaksin individu, Arya memastikan program vaksin gratis pemerintah tidak akan berhenti.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

“Tetap yang vaksin gratis berjalan. Di Jakarta saja semua lokasi vaksin terbuka dan bisa diakses masyarakat,” ujarnya.

Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansyuri mengapresiasi inisiatif Kimia Farma yang akan membuka klinik vaksinasi individu. Inisiatif itu dipandang sebagai usaha untuk mendukung percepatan vaksinasi.

“Kimia Farma sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi berkomitmen untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan maupun individu,” ujarnya saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com