JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Batalkan Vaksinasi Berbayar: Seluruh Vaksin Covid-19 Gratis

Ilustrasi vaksinasi / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan membatalkan vakin Covid-19 berbayar, Jumat, (16/7/2021). Sebelumnya vaksin vaksin berbayar bagi individu direncanakan akan disalurkan melalui Kimia Farma.

Dengan demikian, seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini yakni gratis bagi seluruh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara.

Pramono mengatakan pembatalan vaksin berbayar individu dilakukan Jokowi setelah mendapatkan masukan dan juga respons dari masyarakat. Jokowi juga telah memberikan arahan dengan tegas untuk vaksin berbayar yang rencananya disalurkan melalui Kimia Farma semuanya dibatalkan dan dicabut.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

“Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 16 Juli 2021.

Sementara itu, terkait dengan Vaksinasi Gotong Royong, Pramono mengatakan mekanismenya tetap dilakukan melalui perusahaan. Artinya, perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

“Sehingga dengan demikian mekanisme untuk seluruh vaksin, baik itu yang gotong royong maupun yang sekarang mekanisme sudah berjalan digratiskan oleh pemerintah,” kata Pramono.

Sebelumnya pada awal Juli lalu, pemerintah menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 19 tahun 2021 yang mengubah definisi dari vaksin gotong royong. Dengan perubahan itu, vaksin yang awalnya dibebankan pada perushaan itu diubah menjadi dapat dibeli secara mandiri oleh masyarakat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com