JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Rekor Lagi, Sehari 84 Pasien Positif di Sragen Diketahui Bergejala, Tingkat Keterisian Kamar Isolasi Rumah Sakit Capai 92 %

Ilustrasi antrian pasien di ruang IGD di salah satu rumah sakit di Jawa Barat. Foto/Istimewa
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ledakan kasus covid-19 pada Jumat (9/7/2021) yang mencatat rekor dengan tambahan tertinggi 271 kasus baru, menyisakan kekhawatiran lain.

Sebab dari 271 warga positif itu, 84 orang di antaranya positif dengan disertai gejala klinis. Sedangkan sisanya adalah pasien yang positif tanpa gejala alias asimptomatis.

Tambahan 84 pasien bergejala itu juga mencatatkan rekor sebagai tambahan terbanyak selama satu hari.

Fakta itu terungkap dari laporan dinas kesehatan kabupaten (DKK) setempat pada Jumat (9/7/2021) petang. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan dari 271 kasus positif baru pada Jumat (9/7/2021), ada 84 yang mengalami gejala dan 187 lainnya tanpa gejala.

Untuk pasien bergejala diberikan penanganan dan perawatan sedangkan yang tidak bergejala atau OTG diisolasi di Technopark.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak Usai Isi Dexlite di Sragen, SPBU Jetak Minta Maaf dan Pastikan Bukan Abal-abal, Melainkan...

“Ada 84 yang mengalami gejala klinis dan 187 yang OTG. Semua masih tertampung,” paparnya, Sabtu (10/7/2021).

Sementara angka keterpakaian ruang atau tempat tidur pasien Covid-19 di Sragen hari ini, Sabtu (10/7/2021) dalam kondisi lumayan membaik.

Namun kematian pasien positif masih terus terjadi. Data terbaru, hingga pagi ini, angka keterisian pasien atau bed occupancy rate (BOR) untuk isolasi pasien positif covid-19 yang sebelumnya selalu penuh, kini mulai menyisakan kekosongan meski sedikit.

Keterpakaian kamar isolasi di bangsal Covid-19 yang tersedia, saat ini 93 persen terisi dan menyisakan 7 persen.

Tak jauh beda, bed atau tempat tidur (TT) ruang ICU bagi pasien covid-19 juga mulai menyisakan kekosongan di angka 23 persen.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto mengatakan jumlah ketersediaan bed pasien covid di ICU maupun di bangsal isolasi masih ada kekosongan.

“Dari total tempat tidur (TT) ICU sebanyak 27 TT, sudah terpakai 21 atau BOR-nya 77,78 persen,” paparnya Sabtu (10/7/2021) pagi.

Sementara, untuk tempat tidur isolasi, dari total jumlah bed 337 saat ini sudah terisi 313 atau 92,88 %.

Hargiyanto menyampaikan dalam sehari ini, ada penambahan 271 warga positif dalam kondisi mayoritas asimptomatis atau tanpa gejala dan 84 simptomatis.

Kemudian ada 189 pasien sembuh dan ada 16 warga meninggal dunia. Angka kematian turun kembali di angka 4,98 persen.

Sementara angka kesembuhan pasien di Sragen tercatat naik jadi 88,80 %. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com