JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Senang Rasakan Aliran Air PDAM, Ratusan Warga Jenar Sragen Langsung Lunasi Tagihan. 200an Warga Tangen Tunggu Akhir Tahun Ini

Samuel Rudhianto. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mimpi warga di utara Bengawan Sragen utamanya di Kecamatan Jenar untuk mendapat aliran air bersih dari PDAM akhirnya terwujud.

Sebanyak 260 warga di tiga desa di kecamatan itu untuk kali perdana bisa merasakan aliran air bersih dari Perumda PDAM Sragen.

Saking senangnya, mereka langsung melunasi tagihan rekening bulanan tanpa ada yang nunggak sama sekali.
Direktur Teknik Perumda PDAM Sragen, Samuel Rudhianto mengatakan 260 pelanggan di Jenar yang sudah merasakan aliran PDAM itu tersebar di tiga desa yakni Kandangsapi, Dawung dan Mlale.

“Sudah mengalir dan mereka sudah mulai bayar rekening. Dan bagusnya mereka lunas terus tanpa ada yang nunggak. Berarti memang warga sana butuh airnya tenanan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga :  Geger Warga Sragen Beli Mobil Baru Isi Bahan Bakar Dexlite di SPBU Jetak Sidoharjo Sragen Mesin Langsung Rusak, Komsumen Curigai Jual Dexlite Tidak Asli

Samuel menguraikan 260 warga itu adalah pelanggan tahap awal yang terlayani. Sementara potensi warga yang berminat di kecamatan mencapai 2000an.

Tahap berikutnya sudah ada 275 pelanggan yang masuk daftar tunggu. Dalam satu dua bulan ke depan diperkirakan akan bisa teraliri.

Hal itu sembari menunggu proses pengembangan pipa jaringan distribusi layanan. Saat ini proses pemasangan oleh PPK baru berjalan.

“Perluasan jaringan kita ada di Winong timur kecamatan Jenar. Potensinya sudah ada 275 SR yang akan segera pasang,” terangnya.

Selain Jenar, Kecamatan Tangen menjadi proyeksi berikutnya. Ditargetkan akhir tahun ini pelayanan ke kecamatan itu sudah mulai bisa mengalir.

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Samuel menyebut saat ini pipa jaringan distribusi utama (JDU) baru sampai di Mlale Jenar. Selanjutnya akan dikembangkan menuju ke Tangen.

Setelah pipa JDU terpasang, barulah nantinya dilanjutkan pemasangan jaringan distribusi layanan (JDL) yang tersambung ke rumah-rumah pelanggan.

“Untuk Tangen proyeksi kami akhir tahub sudah bisa mengalir. Tahap awal sekitar 200an pelanggan di Desa Katelan dan Dukuh. Nantinya bertahap. Sampai tahun 2023, Kecamatan Tangen targetnya 1600 pelanggan dan Jenar 1.200an pelanggan,” imbuhnya.

Selain persiapan jaringan pipa, tahun ini PDAM juga fokus untuk pembangunan unit pengolahan atau reservoir di Dukuh Bulakrejo dan Dawung Jenar. Reservoir itu nantinya akan berfungsi memompa air dari Tangen sampai Jenar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com