JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Siswa Baru di Boyolali Ikuti MPLS di Rumah, Pembelajaran Lewat Daring

Salah satu guru kelas VII SMPN 1 Teras menyampaikan materi MPLS secara daring / Foto: Waskita


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Senin (12/7/2021) ini merupakan hari pertama masuk sekolah bagi para siswa di Boyolali. Karena pandemi Covid-19 maih meningkat, maka pembelajaran pun dilakukan secara daring.

Para siswa baru pun mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)juga secara daring. Seperti di SMPN 1 Teras, para guru kelas VII, membimbing siswa baru secara daring. Para guru berada di sekolah sekaligus untuk memudahkan koordinasi.

Kegiatan diawali dengan voice atau suara guna menyapa para siswa. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dalam bentuk power point. Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk memahami materi tersebut.

“Kami juga memberikan kesempatan para siswa untuk bertanya. Jika tak ada pertanyaan, maka giliran siswa harus menjawab sejumlah daftar pertanyaan. Jawaban ditulis di kerats dan dikumpulkan lain hari,” ujar salah satu guru, Galuh Gundarto.

Baca Juga :  Bingung Mau Vaksin? Datang Saja ke Gerai Vaksin Polres Boyolali

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMPN 2 Banyudono. Kepala sekolah, Bambang Hariatmo mengatakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa-siswi kelas 7 dilakukan selama  3 hari.

“Pelaksanaan MPLS untuk siswa-siswi baru ini dilakukan secara daring,” ujarnya.

Sehingga, para siswa dapat mengikuti dari rumah masing-masing. Adapun materi yang disampaikan selama MPLS mencakup pengenalan Guru, Karyawan, Sekolah; model pembelajaran serta cara belajar di SMP; juga tata tertib dan tata krama siswa.

Bagaimana agar siswa tidak jenuh? Pihaknya terus mendorong para guru untuk selalu berkomunikasi dengan pihak IT sekolah dalam mengemas materi pelajaran dengan berbagai kreasi.

“Kami dorong guru dalam menyampaikan materi-materi secara daring tidak monoton,” papar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto mengungkapkan, kegiatan MPLS dilakukan secara daring mengingat pandemi Covid-19 di Kabupaten Boyolali belum berakhir. Waskita