JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sudah Dibuka Vaksinasi untuk Pelajar dan Remaja di Karanganyar, Usia Mulai 12-17 Tahun, Begini Cara Daftarnya!

Vaksinasi Covid-19. Foto: YouTube/Sekretaris Presiden
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mulai membuka kesempatan kalangan pelajar dan remaja untuk vaksinasi covid-19.

Program vaksinasi itu dibuka untuk usia mulai 12 tahun sampai 17 tahun. Mereka dapat mengakses pendaftaran di tautan google form yang dibuka Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Purwati mengatakan vaksinasi ke usia di bawah 18 tahun sudah diizinkan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“BPOM membolehkan yang usia 12-17 tahun divaksin. Per 1 Juli kemarin sudah boleh mengikuti vaksinasi,” paparnya kepada wartawan Jumat (9/7/2021).

Purwati menguraikan pendaftaran untuk kalangan pelajar dan remaja tersebut diarahkan melalui tautan yang akan dipublikasikan Dinas Kesehatan dalam waktu dekat.

Tautan itu dapat diakses secara elektronik di ponsel pintar atau perangkat IT lainnya.

“Mengisi pendaftaran di google form. Kenapa dengan cara seperti ini? Sebab anak-anak usia itu lebih menguasai teknologi dibanding orang dewasa atau lansia. Pasti bisa dan mudah serta cepat. Asal teliti mengisinya,” urainya.

Pelaksanaan vaksin bagi kalangan tersebut tergantung ketersediaan logistik. Namun untuk sementara, dilayani di Vaksin Covid-19 Center yang akan dibuka di gedung PMI Karanganyar.

Purwati menyebut vaksin center melayani penyuntikan 200 dosis perhari. Nantinya, vaksin center itu tak hanya melayani vaksinasi bagi usia 12-17 tahun saja. Melainkan di usia 18 plus dari berbagai kalangan.

“Saat mendaftar, otomatis dijadwalkan untuk dosis pertama dan sebulan lagi untuk dosis kedua,” katanya.

Ia mengakui logistik vaksinasi di Vaksin Center PMI bukan dikelola Dinas Kesehatan. Melainkan penyaluran dari TNI. Sedangkan pelaksana vaksinasi juga tidak sepenuhnya nakes dinasnya.

“Kami meminta bantuan relawan dari alumni dan mahasiswa semester akhir sekolah kebidanan serta STIKES di Karanganyar. Pertimbangannya, mereka sudah cukup terlatih. Sebab nakes di Puskesmas juga terbatas jumlahnya. Mereka masih banyak tugas melakukan tracing, tes dan treatment kasus Covid-19 di desa,” katanya.

Data Dinas Kesehatan Karanganyar hingga Kamis (8/7/2021) menyebutkan sasaran vaksinasi 570.166 jiwa. Dari jumlah itu sudah tervaksin tahap pertama 107.371 atau 18,8 persen sedangkan dosis tahap kedua 71.589 atau 12,6 persen.

Kalangan prioritas seperti pelayan publik, lansia dan nakes hampir selesai divaksin. Namun vaksinasi bagi masyarakat umum baru 1 persen atau setara 4.245 orang di tahap I. Sedangkan tahap kedua belum sama sekali atau 0 persen. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com