JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tips Merawat Telenan Kayu Agar Awet Bebas Bakteri dan Selalu Terlihat Bersih

Ilustrasi telenan kayu. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Telenan berfungsi sebagai alas untuk memotong bahan makanan yang akan dimasak. Ada berbagai jenis telenan jika dilihat dari bahannya, ada yang yang terbuat dari plastik dan kayu.

Telenan kayu juga memerlukan perawatan khusus agar awet dan tetap bersih. Meski sehabis digunakan telenan kayu dicuci dengan sabun cuci piring dan air, kayu mudah menyerap dan akan meninggalkan noda.

Untuk tetap terlihat bagus hingga bertahun-tahun, cara membersihkan noda di telenan kayu adalah dengan cara menggosoknya menggunakan lemon dan garam.

Prosesnya sederhana, taburkan garam kasar ke talenan kayu dan gosokkan menggunakan sepotong lemon, biarkan jus merembes keluar sambil membersihkan garam.

Menggunakan lemon sebagai bagian dari rutinitas membersihkan talenan kayu membantu menjaga keindahan alami kayu.

Langkah membersihkan talenan kayu dengan lemon, seperti dilansir Well + Good, Senin, 12 Juli 2021.

1. Cuci dengan sabun dan air panas

Untuk membersihkan talenan setelah digunakan, gunakan sikat gosok, air panas, dan sabun cuci piring ringan tanpa pewangi.

2. Jangan pakai mesin cuci piring

Agar talenan kayu berumur panjang, jangan mencucinya dengan mesin cuci piring. Air dan panasnya dapat menyebabkan talenan kayu terbelah atau melengkung. Memotong di permukaan yang tidak rata sangat tidak menyenangkan.

3. Bersihkan secara teratur dengan garam dan lemon

Cairan dari daging atau bit dapat merembes menembus permukaan talenan dan meninggalkan noda yang tidak bisa dihilangkan dengan sabun saja. Kombinasi lemon dan garam dapat menghilangkan noda yang sulit dihilangkan.

“Lemon adalah semacam agen pembersih ampuh yang alami,” kata pakar makanan dan ahli strategi keberlanjutan Lauren Nixon. “Buah ini memiliki asam sitrat, yang sangat bagus untuk noda air, dan D-Limonene (minyak alami yang ditemukan pada kulit jeruk), sangat bagus untuk menghilangkan lemak. Juga, minyak lemon adalah wewangian alami yang sangat kuat dan antibakteri. Garam berfungsi sebagai abrasif.

4. Keringkan segera setelah dicuci

Jangan biarkan talenan kayu mengering dengan sendirinya karena ini memberi waktu air untuk meresap ke dalam kayu dan membuatnya mengembang. Seperti ketika menggunakan mesin cuci piring, itu juga bisa menyebabkan talenan retak dan bengkok.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com