JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Torpedo Kambing Miliki Segudang Manfaat, di Antaranya Dapat Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi kambing. JSNews. Aris Arianto
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Torpedo atau testis kambing merupakan salah satu bagian dari tubuh kambing atau domba. Organ kambing yang satu ini sering menjadi rebutan, terutama bapak-bapak seusai pemotongan hewan kurban.

Hal tersebut terjadi karena adanya sebagian masyarakat yang menganggap bahwa torpedo kambing dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

Mengutip pemberitaan Tempo pada 2019 lalu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam, mempaparkan bawa anggapan torpedo kambing bisa meningkatkan gairah seksual hanyalah mitos semata.

Menurut Ari Fahrial Syam, gairah seksual seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor lain.

Terlepas dari mitos di atas, torpedo kambing sebetulnya masih memiliki beragam kandungan dengan segudang manfaat lain. Kandungan yang terdapat dalam torpedo kambing seperti dilansir dari laman drhealthbenefits.com, Minggu, (18/7/2021) antara lain magnesium, kalium, fosfor, natrium, hingga zinc.

Dengan kandungan-kandungan tersebut, manfaat yang dapat dihasilkan adalah sebagai berikut:

Menurunkan tekanan darah

Magnesium adalah kandungan yang yang berperan dalam membantu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, torpedo kambing sangat cocok dijadikan konsumsi karena mampu menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan fungsi sistem saraf

Kandungan kalium dalam torpedo kambing dapat memengaruhi kemampuan otak untuk menghasilkan impuls saraf. Oleh karenanya, konsumsi torpedo kambing bisa mengurangi risiko gangguan saraf dan otak seperti kesemutan dan mudah lupa. Pada pria, konsumsi kalium pun bermanfaat dalam menjaga massa otot.

Memperkuat struktur tulang dan gigi

Torpedo kambing setidaknya mengandung 26% kebutuhan fosfor harian bagi tubuh. Selain kalsium, fosfor adalah mineral yang ikut berperan dalam proses pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi.

Menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh

Kandungan natrium sangat penting dalam distribusi cairan tubuh. Natrium juga bertindak sebagai elektrolit vital untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Mendukung fungsi kekebalan tubuh

Kandungan zinc dalam torpedo kambing memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan dan stabilitas sistem kekebalan. Zinc juga dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Dalam jumlah yang tepat, zinc akan membantu seseorang agar terlihat awet muda.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com