JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Turunkan Kolesterol dengan Minuman Herbal Ini

Tengkleng, masakan berbahan dasar daging kambing. Dok
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Terlalu banyak mengonsumsi daging, jeroan dan makanan bersantan bisa menyebabkan masalah kolesterol pada tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menimbulkan masalah gangguan jantung. Oleh karena itu setelah mengonsumsi makanan yang memilu tingginya kolesterol perlu diimbangi dengan minuman, buah, atau makanan yang bisa menurunkan kolesterol.

Untuk mengantisipasi kolesterol tinggi, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi minuman herbal. Minuman herbal apakah yang dapat menurunkan kolesterol?

Berikut adalah deretan sejumlah tanaman obat (Toga) yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol. Dilansir dari laman Dinas Kesehatan Kulon Progo, berikut ini adalah berbagai macam minuman herbal yang berkhasiat sebagai penggelontor kolesterol:

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

1. Temulawak

Membuat minuman herbal dari temulawak untuk menggelontorkan kolesterol terbilang mudah. Cukup dengan tiga rimpang temulawak yang dikupas kulitnya, diparut, ditambahkan 3/4 air panas, lalu dibiarkan mengendap. Bila sudah dingin, endapan bisa dibuang dan airnya dapat diminum. Konsumsi minuman herbal temulawak ini setiap hari.

2. Daun Murbai

Siapa sangka, daun dari buah berukuran kecil ini dapat menggelontorkan kolesterol. Siapkan 10 gram daun murbai untuk membuat minuman herbal penurun kolestrol. Setelah daun dicuci, daun direbus dengan tiga gelas air. Ketika airnya tinggal segelas, matikan kompor dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, saring dan minuman ini dapat diminum. Untuk hasil terbaik, minum setiap hari.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Akar Seledri

Akar seledri ternyata dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Siapkan 30 gram akar seledri yang sudah dicuci bersih, lalu rebus dengan dua gelas air. Ketika air tinggal setengahnya, matikan kompor, dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, saring airnya, dan rebusan akar seledri siap diminum

4. Wortel

Sayuran ini memiliki berbagai khasiat, salah satunya dapat membantu menghadang laju kolesterol. Bila ingin membuatnya menjadi minuman, siapkan lima buah wortel berukuran sedang, cuci dan bersihkan, kemudian blender atau parut. Setelah itu diperas dan di saring.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com