JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Virus Bisa Bertahan 2 Hari di Kain, Begini Cara Mencuci Pakaian Pasien Covid-19

Ilustrasi menjemur pakaian. Pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Virus Covid-19 bisa bertahan di kain selama kurang dari dua hari. Meski tidak menjadi sarana penyebaran virus Covid-19, baju pasien Covid-19 harus dilakukan dengan hati-hati.

Lalu bagaimana cara mencuci pakaian pasien Covid-19 secara tepat dan benar?

Dilansir dari laman CDC atau Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit, mencuci baju pasien Covid-19 tak sama dengan mencuci baju orang yang sehat.

Pastikan jangan lupa kenakan sarung tangan dan masker, saat akan mencuci pakaian pasien Covid-19.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Jika tidak memiliki sarung tangan, seperti yang dilansir dari Medical News Today pada 21 April 2020, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun setelah mencuci pakaian yang terkontaminasi Covid-19. Hindari juga menyentuh bagian wajah, seperti mata, hidung, dan mulut.

Lalu cuci baju pasien Covid-19 dengan menggunakan air hangat. WHO mengatakan bahwa pengaturan air yang baik adalah berkisar antara 60 derajat hingga 90 derajat Celcius.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Namun, Anda harus berhati-hati karena suhu yang terlalu tinggi dapat merusak pakaian. Untuk itu, anda dapat membaca label perawatan yang terdapat di pakaian.

Anda dapat mencuci baju pasien Covid-19 dengan menggunakan deterjen cuci baju. Sebelum mencuci, pertimbangkan merendam baju dengan larutan yang mengandung amonium kuaterner.

Setelah mencuci, jangan lupa keringkan baju sepenuhnya. Keranjang cucian juga harus didesinfeksi dengan disinfektan rumah tangga atau dengan 0,1 persen natrium hipoklorit.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com