JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ada 10.573 Difabel di Wonogiri Sebagian Diantaranya Jalani Vaksin COVID-19 Secara Jemput Bola

Seorang difabel divaksin COVID-19 di Mapolres Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebagian difabel di Wonogiri menjalani vaksinasi COVID-19 dengan sistem jemput bola. Hal ini dilakukan lantaran ada kendala dalam mobilitas difabel.

Pola jemput bola itu salah satunya dilakukan di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri Kota pada Sabtu (21/6/2021).

Camat Wonogiri, Joko Purwidyatmo mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi jemput bola bagi para difabel. Hal itu dilakukan karena difabel memiliki keterbatasan dalam mobilitasnya.

“Di Wonogiri Kota, ada 701 difabel. Itu dari yang masih bayi sampai yang sudah lansia Berdasarkan data sementara, difabel yang memenuhi syarat untuk divaksin sejumlah 549. Sebagian diantaranya juga sudah divaksin lewat program di sejumlah instansi seperti dari Polres Wonogiri,” ungkap Camat.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Meski begitu, tidak semua difabel yang memenuhi syarat bisa disuntik vaksin. Pasalnya, ada sejumlah difabel yang tak lolos skrining. Misalnya tekanan darahnya tinggi.

Saat dilakukan jemput bola vaksinasi bagi difabel, para petugas dari UPTD Puskesmas Wonogiri I memberikan pemahaman soal pentingnya vaksinasi. Joko menuturkan, edukasi secara langsung juga penting agar masyarakat bisa memahami pentingnya vaksinasi.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri I Pitut Kristiyanta Nugraha mengatakan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi difabel kali ini adalah Sinopharm. Dalam sehari, rata-rata pihaknya bisa melakukan jemput bola vaksinasi difabel ke 10 sasaran.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

Dia tak memungkiri bahwa ada difabel yang enggan divaksin. Solusinya, pihaknya bersama petugas terkait memberikan edukasi supaya pentingnya vaksunasi bisa diterima.

Kasi Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri Noer Nugrohowati mengatakan, di seluruh penjuru Kota Sukses ada 10.573 orang difabel. Itu dari semua umur, dari yang masih muda sampai yang tua. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com