JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Arab Saudi Siap Buka Umroh Mulai 10 Agustus 2021, Kuota Jemaah Hanya 20.000

Ilustrasi jemaah haji / pixabay
   

JEDDAH, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan akan membuka kuota ibadah umroh sebanyak 20.000 jemaah baik untuk dalam maupun luar negeri. Hal ini berlaku mulai tanggal 10 Agustus 2021.

Menurut juru bicara Kementerian Haji dan Umrah Hisham Saeed, untuk pelaksanaan ibadah umroh kali ini, terdapat beberapa batasan mengenai jamaah umrah dari luar Saudi yang telah diizinkan untuk melaksanakan ibadah umroh.

Namun, jemaah luar negeri yang dapat melaksanakan ibadah umroh adalah jemaah yang bukan berasal dari negara-negara yang termasuk dilarang memasuki Arab Saudi sebagaimana  instruksi dari Kementerian Kesehatan dan Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA).

Dilansir Saudi Gazette via Republika.co.id, pada Minggu (1/8/2021), negara-negara yang menghadapi larangan perjalanan ke Arab Saudi adalah India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, Ethiopia, Vietnam, Afghanistan, dan Lebanon.

Negara-negara tersebut dilarang untuk melakukan penerbangan langsung menuju Arab Saudi. Untuk itu, negara-negara itu diharuskan transit di negara ketiga di luar sembilan negara tadi untuk melakukan karantina selama 14 hari, sebelum terbang menuju Arab Saudi.

Selain itu, persyaratan untuk melaksanakan ibadah umroh kali ini sangat diperketat menilik kasus Covid-19 yang masih marak di berbagai negara. Para jemaah diwajibkan telah melakukan vaksinasi penuh dengan salah satu dari empat vaksin seperti AstraZeneca, Pfizer, Moderna atau Johnson & Johnson.

Bagi jemaah yang telah melakukan vaksinasi dengan jenis Sinovac atau Sinopharm, diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh dengan syarat tambahan wajib vaksinasi kembali dengan salah satu jenis vaksin di atas.

Ibadah umroh kali ini, diutamakan untuk jemaah yang berusia 18 tahun ke atas dengan memberikan bukti tes PCR negatif setibanya di Arab Saudi.

Sekitar 500 perusahaan lembaga layanan umroh, serta 6.000 agen umroh asing telah disiapkan bagi para jemaah umroh yang telah melakukan vaksinasi.

Sementara itu, menurut Hani Ali Al-Amiri, anggota Komite Nasional Haji dan Umroh para jemaah dapat melakukan pemesanan tiket umroh serta  pembayaran melalui sekitar 30 situs dan platform elektronik yang tersedia untuk reservasi global. Hanifah Yulia Putri S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com