JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Beredar Isu Ada Makanan dan Minuman Penangkal Cegah Covid-19, Faktanya?

Ilustrasi bawang putih. Pixabay
   

 SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Belakangan ini beredar isu tentang makanan atau minuman yang bisa cegah Covid-19, apakah hal itu benar?

Terkait hal itu, Dosen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair), Qonita Rachamah menjelaskan bahwa dasar untuk mempercayai suatu makanan atau minuman bisa mencegah Covid-19 adalah hasil penelitian.

“Apabila kita melihat dari tahapan penelitian, bukti yang paling rendah adalah perkataan ahli. Yang paling utama dalam menentukan suatu kebenaran adalah penelitian yang telah dilakukan,” ujarnyaseperti dikutip Tempo dari laman Unair News, Selasa, (3/8/2021).

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Salah satu isu yang beredar adalah “meminum air dengan minyak kayu putih” dapat menangkal Covid-19. Faktanya minum minyak kayu putih bisa mengakibatkan keracunan.

Selanjutnya isu yang beredar adalah “air rendaman 8 bawang putih dapat mencegah Covid-19”. Faktanya, konsumsi air rendaman bawang putih yang berlebih dapat menyebabkan keracunan.

Isu berikutnya adalah “konsumsi telur rebus dapat mencegah Covid-19”. Padahal, belum ada penelitian yang menyatakan telur rebus dapat menangkal virus Covid-19.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Kemudian berhembus isu bahwa “makanan dan minuman alkali dengan pH tinggi dapat mencegah Covid-19”. Faktanya, virus tidak diukur melalui satuan pH.

Isu selanjutnya adalah “meminum air hangat dan garam setiap 15 menit dapat mencegah Covid-19”. Menurut dia, minum air putih memang bagus untuk mengatasi dehidrasi, namun hal ini tidak dapat membunuh virus Covid-19.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com