JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Mantan Wali Kota Solo Rudy Sebut Liga 1 Sangat Memungkinkan Digelar Saat PPKM, Ini Alasannya!

FX Hadi Rudyatmo
FX Hadi Rudyatmo. Foto: dok

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal dimulai 27 Agustus mendatang atau mundur sepekan dari rencana semula.

Pengamat olahraga yang juga mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyebut bergulirnya liga tidak terpengaruh dengan penerapan kebijakan PPKM Level 4 seandainya masih diperpanjang.

“Nggak masalah itu. Sangat memungkinkam untuk digelar (bersamaan dengan PPKM Level 4-red),” ucap Rabu (11/8/2021).

Rudy memaparkan, liga bisa diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 bisa belajar dari penyelenggaraan Piala Menpora beberapa waktu lalu dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Baca Juga :  Jokowi Tetapkan Gibran Sebagai Ketua INASPOC

“Apalagi tak banyak mobilitas orang yang terlibat, termasuk tanpa penonton. Saya yakin tidak akan menimbulkan klaster Covid-19,” katanya.

“Toh liga kan bisa jadi hiburan masyarakat. Sehingga mereka banyak di rumah dan tidak berpergiaan kecuali bekerja atau ada kegiatan yang urgent,” lanjut mantan anggota Komite Normalisasi PSSI tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut peputusan penundaan kompetisi selama sepekan diambil berdasarkan rapat koordinasi dengan pihak terkait yakni PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kepolisian, hingga BNPB.

Baca Juga :  Jokowi Tetapkan Gibran Sebagai Ketua INASPOC

“Disepakati bahwa itu akan dimulai tanggal 27 Agustus dan sudah dikomunikasikan ke PSSI dan mereka tak keberatan dengan apa yang kita putuskan,” kata Menpora Zainudin Amali.

Terkait teknis penyelenggaraan Liga 1 2021-2022, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan hal itu kepada PSSI dan PT LIB.

“Sudah dikomunikasikan kepada pihak PSSI dengan apa yang kami putuskan secara teknis mereka mempersiapkan,” jelas menteri kelahiran Gorontalo itu. Prabowo

Bagi Halaman