JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Pemerintah Perkuat Sektor Pertanian untuk Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Airlangga Hartarto / Istimewa


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pandemi Covid-19 menjadi tekan berat di sektor kesehatan dan ekonomi. Karena itu, kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah harus mengutamakan keseimbangan antara dua sektor tersebut jika tak ingin bangsa menjadi terpuruk.

Sejauh ini, kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk menangani Covid-19 dan dampaknya, sudah sejalan dengan rel yang benar (on the track).

Salah satu buktinya, pada awal tahun 2021, optimisme pemulihan ekonomi Indonesia mulai muncul seiring dengan realisasi pertumbuhan pada Q1-2021 yang tercatat -0,74% (yoy).

Hal itu dipaparkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Advertisement

Kondisi tersebut, menurut Airlangga,  terhitung membaik dibandingkan triwulan-triwulan sebelumnya. Tentu saja, hal itu tidak lepas  dari strategi dalam mengintegrasikan kebijakan ekonomi dan kesehatan.

Baca Juga :  PPKM Diperpanjang Hingga 4 Oktober, Tapi Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal. Ini Syaratnya

Dari sisi lapangan usaha, tercatat 64,56% ekonomi Indonesia berasal dari sektor industri, pertanian, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan.

Demikian pula, sektor pertanian tetap tangguh dengan nilai pertumbuhan positif selama pandemi tahun 2020- 2021. PDB sektor pertanian tahun 2020 tercatat sebesar 1,75% dan Triwulan I 2021 sebesar 2,95%.

Meski demikian, ujar Menko Airlangga, berbagai tantangan muncul akibat pandemi Covid-19. Sepertki kemiskinan, ketimpangan, pengangguran dan ketahanan pangan. Persoalan-persoalan tersebut perlu diantisipasi dengan cermat.

Baca Juga :  Kenaikan Nilai Ekspor Ikut Mendorong Membaiknya Neraca Perdagangan di Tanah Air

Meski demikian, demikian Airlangga, Pemerintah telah menyiapkan berbagai program untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut berupa pembangunan Food Estate, Kemitraan Hortikultura Berorientasi Ekspor, dan  Program Peremajaan Sawit Rakyat.

“Program-program di sektor pertanian terus dijalankan untuk penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan,” ujar Airlangga dalam sambutannya di acara Webinar yang diselenggarakan oleh CNBC Indonesia dan Himpunan Alumni IPB dengan bertajuk “Food and Agriculture Summit 2021, Stand Together Facing Food Crisis” pada Selasa (3/8/2021).

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua