JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Meski Jauh dari Kampung Halaman, Puluhan Mahasiswa asal Papua Kompak Terjun Kerja Bakti di Lapangan UNS Solo. Ternyata Ada Agenda Khusus jelang HUT RI!

Para mahasiswa asal Papua di Soloraya bergotong royong kerja bakti membersihkan lapangan UNS Solo, Kamis (12/8/2021). Foto/Wardoyo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Momen peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia tahun ini barangkali menjadi momen yang tak akan terlewatkan bagi mahasiswa Papua yang ada di Soloraya.

Pasalnya, meski jauh dari kampung halaman, mereka tetap bisa merasakan semarak HUT RI di Solo.

Sebagai bentuk penghormatan, pihak Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sudah memastikan memberikan tempat bagi para mahasiswa asal Papua untuk melakukan lomba internal saat HUT RI nanti.

Nah, sebagai persiapan, puluhan mahasiswa asal Papua yang kuliah di wilayah Soloraya pun tergerak untuk menggelar aksi sosial di UNS, Kamis (13/8/2021).

Mereka turun bersama melakukan kerja bakti dan bersih-bersih lokasi untuk kegiatan perlombaan dan permainan secara sederhana. Kerjabakti dilakukan di lapangan UNS yang nantinya akan dijadikan lokasi untuk perlombaan seperti Voli, Gawang Mini, Makan kerupuk dan lain-lainnya.

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Aksi sosial itu dilakukan di bawah koordinator, Moses Ferdinand Kamer dan disupport dari Pembina PBFC Soloraya, Iwan Sis serta senioritas mahasiswa Papua, Rangel Chris Bieth.

Puluhan mahasiswa itu kompak membersihkan lokasi yang nantinya digunakan untuk perlombaan mereka di tanggal 16 Agustus. Kerja bakti digelar di lapangan sekitar Asrama Kampus UNS Ngoresan, Jebres, Surakarta.

Moses Ferdinand Kamer. Foto/Wardoyo

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , koordinator Moses Ferdinand mengatakan kerja bakti itu digelar sebagai persiapan sekaligus apresiasi kepada semua pihak utamanya UNS yang memberikan lokasi untuk perlombaan mahasiswa dari Bumi Cendrawasih.

“Perlu diketahui juga bahwa adik-adik mahasiswa ini merupakan gabungan dari semua provinsi yang ada di pulau Papua yaitu Papua Barat, Papua dan Papua Selatan. Mereka bersatu padu dan dengan riang gembira melakukan kerja bakti secara bersama-sama dan bahu membahu dengan semangat,” paparnya.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Moses tak lupa menyampaikan apresiasi kepada Iwan Sis dan Rangel Chris Bieth yang mensupport penuh kegiatan mahasiswa Papua itu. Terlebih selama ini, Iwan Sis juga duduk sebagai Pembina PBFC Soloraya yang menjadi wadah mahasiswa Papua menyalurkan hobi sepakbola.

Terpisah, Iwan Sis berpesan agar mahasiswa Papua tetap semangat dan selalu menjaga kekompakan. Sebagai mahasiswa, diharapkan semua tetap fokus pada tugas utamanya menimba ilmu, bisa berbuat positif serta terus ikut menjaga kedamaian di manapun berada.

“Gunakan momen-memon seperti perayaan HUT RI ini sebagai ajang pemersatu dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar di mana pun adik-adik berada,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com