JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Meski Mulai Landai, Gibran Tetap Larang Lomba dan Tirakatan HUT Kemerdekaan RI

Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Meskipun kasus covid-19 di Kota Solo mulai melandai, namun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tetap melarang penyelenggaraan kegiatan HUT Kemerdekaan. Warga tidak boleh lengah meskipun angka covid-19 mulai turun.

Terkait larangan tersebut, regulasi resmi dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 067/2377 tentang PPKM Level 4 covid-19.

Pertimbangan kasus covid-19 yang masih mungkin bisa naik menjadi alasan utama bagi Gibran melarang kegiatan HUT Kemerdekaan yang dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

“Kondisinya masih seperti ini. Memang sudah melandai, tapi tetap harus waspada. Kalau seperti ini kegiatan lomba-lomba 17 Agustusan dan tirakatan ditiadakan dulu,” ungkapnya, Kamis (5/8/2021).

Larangan kegiatan HUT Kemerdekaan dituangkan dalam SE dimana seluruh aktivitas penyelenggaraan peringatan hari kemerdekaan yang dapat menimbulkan kerumunan dilarang.

Saat ini, Gibran lebih memilih untuk fokus pada percepatan vaksinasi untuk segera memulihkan ekonomi Solo.

“Jika perkembangannya terus membaik sepeti ini, saya optimis pekan depan kita bisa jadi level 3. Karena yang menetapkan level itu dari pusat,” tukasnya.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Sebelumnya, SE Wali Kota Solo diterbitkan dengan penyesuaian pada Instruksi Menteri (Inmen) Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

“Regulasinya kebanyakan masih sama dengan sebelumnya. Ya ada pelonggaran sedikit pada hajatan pernikahan,” pungkas Gibran. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com