JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Micin, Penyedap Rasa yang Bikin Subur Tanaman

Ilustrasi tanaman hias. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Micin atau penyedap rasa merupakan salah satu bumbu masak untuk membuat masakan semakin lezat. Ternyata micin atau monosodium glutamat ini juga digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Bagi orang yang belum tahu, menaburkan micin pada tanaman dianggap hal yang aneh. Micin mengandung salah satu zat yang dibutuhkan oleh tanaman.

Mengutip laman resmi Kementerian Pertanian pada Senin, 2 September 2019, salah satu unsur yang menopang tumbuh kembang tanaman adalah kalium.

Kalium bermanfaat meningkatkan ketahanan tanaman terhap penyakit, mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis, serta metabolisme tanaman. Dalam laman tanam.co.id, berikut ini menfaat micin bagi kesuburan tanaman:

Meningkatkan kandungan air

Micin mengandung natrium untuk mencegah terbentuknya resistensi air atau menjaga tanaman dari kekurangan air. Dengan kandungan air yang tetap terjaga, maka tumbuhan mudah meresap unsur hara secara optimal dan membantu tubuh kembangnya.

Mempermudah pembungaan

Micin memudahkan proses pembungaan tanaman. Tumbuhan yang cepat berbunga, maka dia akan segera memberikan hasil. Pemanfaatkan micin akan lebih efektif jika diterapkan pada tipe sayur atau tanaman hias, misalkan cabai atau bunga-bungaan.

Pupuk yang ramah lingkungan

MSG dalam micin yang dikenal berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata berbanding terbalik pada tumbuhan. Micin mengandung senyawa karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan natrium yang diperlukan oleh tanaman. Nitrogen berguna memicu perkembangan daun, ranting, dan percabangan tanaman.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com