JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pemakaman Raja Mangkunegaran Solo Digelar Minggu

KGPAA Mangkunegoro IX / puromangkunegaran.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Pemakaman Raja Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX akan digelar Minggu (15/8/2021), di Astana Girilayu, Matesih Karanganyar. Pemakaman dilaksanakan pukul 10.00 sesuai dengan adat Mataram.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menerjunkan 275 personel untuk melakukan pengamanan selama waktu persemayaman hingga proses pengawalan jenazah menuju Karanganyar. Kapolres menghimbau agar warga tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran untuk melayat.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

“Masyarakat tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran. Masyarakat bisa mengirimkan doa dari rumah masing-masing karena nanti yang bisa mengakses Puraangkunegaran hanya dari pihak keluarga dan kerabat,” paparnya, Jumat (13/8/2021).

Terkait proses pemakaman, Kapolresta menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemkab Karanganyar. Sebelum melakukan perjalanan ke Karanganyar, keluarga akan melakukan tradisi di Pura Mangkunegaran selama 15 menit.

“Saat ini iringan rombongan pembawa jenazah berangkat dari Jakarta sekitar pukul 09.00 pagi tadi dan diperkirakan tiba di Solo, pukul 15.00 WIB. Bersama keluarga dan Satgas Covid-19, sudah disepakati akan memberlakukan satu akses masuk saja menuju Pura Mangkunegaran,” terangnya.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Sebelumnya, Raja Keraton Mangkunegaran Solo, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX meninggal dunia Jumat (13/8/2021), pukul 02.50 WIB, di kediaman pribadinya di Jakarta. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Mangkunagoro IX dikabarkan mengalami serangan jantung di kediaman pribadinya di Ndalem Tirtayasa. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com