JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Salut, Kenang Detik-Detik Proklamasi, Relawan Gabungan Pemakaman Covid-19 Sragen Spontan Langsung Hormat Bendera di Tengah Kuburan

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Momentum peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus 2021 hari ini barangkali bakal menjadi catatan sejarah tersendiri bagi kalangan relawan di Sragen.

Di tengah keprihatinan pandemi Covid-19, sejumlah relawan pemakaman pasien Covid-19 menyempatkan diri untuk menggelar prosesi penghormatan terhadap Sang Saka Merah Putih.

Upacara singkat itu digelar secara spontanitas di tengah makam Dukuh Katukan, Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Selasa (17/8/2021) pagi.

Upacara tersebut digelar tepat bersamaan dengan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI pukul 10.00 WIB. Semua relawan mengikuti dengan tetap mengenakan APD hazmat lengkap.

Prosesi penghormatan bendera dilakukan di sela pemakaman jenazah pasien Covid-19 di makam kuno tersebut. Tepat pukul 10.00 WIB, bendera yang sudah disiapkan dinaikkan di tiang tengah makam.

Baca Juga :  Lagi Musim Kepala Daerah Ditangkap KPK, Bupati Sragen Mendadak Minta Doa Biar Selamat Dunia Akhirat!

Para relawan secara spontan langsung berdiri dan menghormat ke bendera secara serempak.

Kegiatan dipimpin oleh Koordinator Poldes Masaran Cabang Sidoharjo, Alfian Rendy Prasetyo.

Ia mengatakan prosesi penghormatan detik-detik proklamasi itu diikuti oleh belasan relawan SAR dari berbagai unsur yang tergabung dalam Tim Kamboja C-19 Kabupaten Sragen.

“Tadi ada dari SAR Poldes, Rescue Ganefo, Rescue RAPI, IOF Rescue dan Gercep Rescue,” papar Rendi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (17/8/2021).

Ia mengatakan aksi penghormatan kepada sang saka itu digelar secara spontanitas. Tujuannya untuk memeringati Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke-76 tahun 2021.

Meski digelar di sela pemakaman, ia menyampaikan hal itu tak mengurangi rasa khidmat. Justru prosesi di tengah makam itu akan menjadi momentum tak terlupakan bagi relawan dalam memeringati HUT RI.

Baca Juga :  Hapus Stigma Negatif, Kompleks Prostitusi Mbah Gajah Sragen Bakal Dirombak Jadi Pasar Rakyat. Bupati Kaget Lihat Reaksi Nenek Ini

“Kita melaksanakan penghormatan ini untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang sudah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut Kemerdekaan Indonesia,” urainya.

Ia berharap kegiatan itu bisa memupuk semangat nasionalisme di kalangan relawan dan semua unsur. Rendi mengajak semua pihak untuk mengisi kemerdekaan dengan memberikan kontribusi positif melalui bidang dan pengabdian masing-masing apapun bentuknya.

“Kebetulan jiwa teman-teman relawan ini sudah tertanam semangat patriot Mas. Jadi spontan lihat bendera langsung di pakai terus melakukan penghormatan,” tandasnya. Wardoyo

Bagi Halaman