JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waduh, 695 Pelamar CPNS Wonogiri Tidak Lolos Seleksi Administrasi Ternyata Gegara Hal ini

Ilustrasi PNS.
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ratusan pelamar pada rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Kabupaten Wonogiri ternyata todak lolos seleksi administrasi.

Namun demikian mereka masih bisa melakukan sanggahan. Waktu sanggah dibuka mulai 4-7 Agustus 2021.

Informasi yang diperoleh dari PLt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri Suharno melalui Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur, Wahyudi, Rabu (4/8/2021), menjelaskan pihaknya hanya memverifikasi berkas pelamar CPNS dan PPPK non guru. Formasi PPPK non guru yakni tenaga kesehatan, seperti perawat dan bidan. PPPK guru diverifikasi langsung oleh Kemendikbud.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Kejahatan Selama Maret 2024, Perzinahan Mendominasi

Menurut dia total pendaftar CPNS dan PPPK di Wonogiri sebanyak 8.816 orang. Dari jumlah itu 5.314 pelamar diverifikasi oleh BKD Wonogiri, yakni pelamar CPNS dan PPPK non guru. Perinciannya, pelamar yang mendaftarkan CPNS sebanyak 5.076 orang. Pelamar yang mendaftar PPPK non guru sebanyak 238 orang

Setelah proses seleksi administrasi, pelamar yang dinyatakan lolos seleksi sebanyak 4.619 orang. Terdiri atas 4.440 pelamar CPNS dan 179 pelamar PPPK non guru.

Sementara total yang tidak lolos adalah 695. Meliputi pelamar CPNS tidak memenuhi syarat ada 636 orang dan sebanyak 59 orang dari PPPK non guru.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

Mereka yang tidak lolos salah satunya karena kualifikasi pendidikan pelamar tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan. Ada juga yang tidak melampirkan surat keterangan tidak buta warna.

Meski dinyatakan tidak lolos, pelamar bisa melakukan sanggahan. Ada tidaknya perubahan keputusan hasil verifikasi akan diumumkan pada 15 Agustus 2021. Pada tahun-tahun sebelumnya, sejumlah pelamar berhasil lolos setelah melakukan sanggahan.

Setelah masa sanggah, lanjut Wahyudi, proses yang akan dilakukan pelamar yakni mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Hingga kini belum perubahan jadwal, seleksi dimulai 25 Agustus 2021. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com