JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Angin Kencang alias Lesus Terjang Desa Jaten Selogiri Wonogiri, Puluhan Rumah dan Bangunan SD Rusak Kerugian 107 Juta

Angin Kencang
Dampak angin kencang di Desa Jaten Kecamatan Selogiri Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bencana hidrometeorologi melanda wilayah Kecamatan Selogiri Wonogiri. Angin kencang disertai hujan menerjang hingga mengakibatkan sejumlah kerusakan.

Sedikitnya puluhan rumah warga rusak akibat diobrak abrik angin kencang. Selain itu bangunan Sekolah Dasar (SD) ikut rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Sabtu (25/9/2021) mengatakan, peristiwa terjadi pada tanggal 24 September 2021. Sekitar pukul 16.30 WIB. Lokasi kejadian di Dusun Desa Jaten Kecamatan Selogiri.

Dampak kejadian, bangunan gapura sekolah runtuh, atap perpustakaan mengalami kerusakan, atap ruang kelas 1 dan 4 mengalami kerusakan tertimpa dahan besar. Selain itu buku dan sarana perpustakaan mengalami kerusakan akibat terguyur air hujan.

Baca Juga :  Di Ujung Tenggara Wonogiri, Kombel Sigap Helat Strategi Peningkatan Kompetensi dan Kinerja

Lesus yang dalam bahasa masyarakat setempat itu juga menyebabkan bangunan rumah warga masyarakat tersebar di dusun Karang Tengah, Karang Talun, Karanganyar, Brangkulon, Gempeng, dan Pulausari mengalami kerusakan. Klasifikasi rusak ringan hingga sedang.

Perinciannya 16 unit bangunan rumah dapur maupun rumah utama rusak sedang. Sementara 15 unit bangunan rumah utama mengalami rusak ringan.
Rata rata kerusakan bangunan atap terbawa angin dan tertimpa pohon tumbang.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

“Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian ditaksir sekitar Rp 107.500.000,” kata dia.

Upaya penanganan dilakukan oleh warga dibantu para relawan dan personil TNI dan BPBD. Dukungan peralatan dan logistik telah didistribusikan ke lokasi kejadian. Langkah koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Desa maupun Kecamatan dalam rangka penanganan lanjutan pemulihan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com