JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Awas!Sekolah di Wonogiri Dilarang Memaksa Beli Seragam Baru untuk Murid, ini Peringatan Bupati Joko Sutopo alias Jekek

Vaksin
Seorang pelajar disuntik vaksin COVID-19 di Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) telah diterapkan di sejumlah daerah. Namun khusus Kabupaten Wonogiri, hingga saat ini kebijakan itu belum bisa diambil lantaran sejumlah pertimbangan.

Hanya saja, persiapan untuk menuju PTM sudah digencarkan. Termasuk vaksinasi COVID-19 untuk kalangan pelajar. Maupun pematangan persiapan di sisi sekolahnya, seperti penyediaan tempat cuci tangan dan sebagainya.

Lantas bagaimana soal seragam sekolah. Apakah masih boleh pakai yang lama jika masih muat, atau harus beli lagi yang baru?

Nah, khusus soal seragam Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek sudah mengeluarkan larangan tegas loh. Intinya adalah sekolah dilarang memaksa orang tua atau wali murid membeli seragam baru.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

“Saya yang akan melarang jika ada sekolah yang memaksa membeli seragam baru,” tandas Bupati, Senin (13/9/2021).

Menurut Jekek, dalam kondisi darurat di masa pandemi tidak boleh ada sekolah yang mewajibkan siswa memakai seragam baru. Hal itu bukan merupakan sesuatu yang substansial.

Jekek menegaskan, seragam di masa pandemi tidak menjadi sesuatu yang mendesak atau krusial bagi siswa

“Yang penting substansi dari PTM itu. Di Australia, siswa tidak perlu seragam masih bisa mengikuti pelajaran,” kata Jekek.

Jika di lapangan ada sekolah yang mewajibkan orang tua murid membeli seragam baru, akan dibuat ruang berdiskusi. Ini dilakukan untuk mencari solusi yang tetap bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Justru, kata Jekek, Pemkab Wonogiri saat ini lebih fokus untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tingkat pelajar. Karena dengan kekebalan komunitas ditingkat pelajar, orang tua siswa bertambah yakin karena seluruh syarat PTM sudah terpenuhi.

Terkait PTM, pihaknya membeberkan sekolah tingkat SMA/SMK sederajat bisa menggelar pada akhir bulan ini. Syarat PTM menurutnya tidak hanya tergantung pada status penerapan level PPKM saja. Tapi syarat obyektif lain yang harus dipenuhi adalah vaksinasi.

Untuk diketahui Pemkab Wonogiri sudah menggelar vaksinasi serentak bagi pelajar sejak pekan lalu di 25 kecamatan dengan sasaran 32.000 pelajar. Saat ini Pemkab Wonogiri memiliki 72.000 dosis vaksin Sinovac. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com