JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Datang ke Semarang Temui Ganjar, Dubes Belanda Ingin Lanjutkan Kerja Sama Tangani Banjir dan Rob

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns berkunjung ke Semarang Jawa Tengah untuk bertemu Gubernur Ganjar Pranowo, Rabu (29/9/2021). istimewa
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns berkunjung ke Semarang Jawa Tengah untuk bertemu Gubernur Ganjar Pranowo, Rabu (29/9/2021).

Kedatangan Dubes Belanda tersebut dalam rangka membahas kerjasama lanjutan yang sudah terjalin dalam rangka penanganan banjir dan rob.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Gubernur atas sambutan yang sangat impresif. Dan juga tentang tantangan yang dimiliki Gubernur Jawa Tengah serta pemerintah yang sangat banyak, terkait manajemen perairan atau banjir,” ujar Lambert.

Lambert mengaku telah mendengar banyak hal yang telah dilakukan pemerintah dalam usaha menanggulangi banjir. Untuk itu, maksud kedatangannya kali ini, untuk menjalin kerja sama lagi.

“Sekarang kita akan terus dengan proyek untuk daerah-daerah yang ada di sekitar Pantura dan di garis pantai. Pertama yang kita lakukan, untuk memprotek atau menjaga daerah di sekitar bibir laut,” lanjut Lambert.

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Dijelaskan, proyek yang bertujuan untuk menjaga daerah di pesisir pantai itu, akan dilakukan secara alami. Yakni dengan menanam mangroove, bersama dengan masyarakat sekitar. Penting juga menanamkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungannya.

“Dan membuat mereka mencintai lahan atau tempatnya, menjaga bersama daerah agar tahan erosi, dan juga membuat masyarakat mencintai lingkungannya dan memiliki kehidupan yang layak,” tuturnya.

Lambert juga menyinggung Kota Semarang, untuk lebih mampu menanggulangi banjir dengan memperbaiki sistem air perairan.

“Sebenarnya ini bukan apa-apa karena Bapak Gubernur sudah bekerja luar biasa banyak. Jadi ini hanya bantuan dari kami untuk memberikan kehidupan yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan, beberapa waktu lalu sudah dilakukan diskusi terkait kerja sama Jawa Tengah dengan Belanda, yang sebenarnya sudah berjalan. Seperti penanganan banjir, rob, dan kawasan-kawasan di Pantura.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

“Sebenarnya kerja sama itu sudah berjalan, dan kami merasa terhormat karena Duta Besar datang untuk kembali melihat dan mengingatkan hal ditawarkan, mana yang mesti diselesaikan dan akan kami tindaklanjuti,” ucapnya.

Ganjar mengaku konsentrasi dengan water management yang selama ini sudah dikerjasamakan dengan Belanda.

“Saya konsen betul dengan water management yang salama ini kita sudah lakukan kerja samanya cukup panjang. Beliau juga sampaikan bagaimana mengelola pelabuhan, perikanan, dan peluang-peluang investasi. Saya kira hari ini kita butuh ilmu teknologi agar semua bisa tertular dengan baik,” tandasnya. Satria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com