JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Indahnya Melihat Dua Provinsi dari Bukit Cumbri di Wonogiri, Berlibur Sembari Berolahraga

Suasana Bukit Cumbri di Wonogiri yang sangat asri / Foto: Sri Rejeki
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Wonogiri memang identik dengan deretan perbukitannya. Mulai dari timur hingga ke barat hampir semua dikelilingi perbukitan.

Hanya saja, tidak semua daerah perbukitan tersebut dapat dijadikan spot wisata karena biasanya digunakan penduduk setempat untuk membuka lahan pertanian, menanam jagung ataupun singkong.

Namun, di Wonogiri sebelah timur terdapat perbukitan dengan spot yang lebih menarik. Ya, Bukit Cumbri. Bukit Cumbri yang terletak di Kecamatan Purwantoro ini berbatasan dengan Ponorogo, Jawa Timur.

Ketika kita naik ke atas, maka dua provinsi ini akan terlihat membentang saling mengelilingi.

Di sebelah barat terbentang Kecamatan Slogohimo, sementara di sebelah timur kita dapat melihat hamparan daerah Ponorogo.

Gunung-gunung menjulang di sebelah timur pun tak kalah menarik perhatian.

Masyarakat sekitar sudah tidak asing dengan keberadaan Bukit Cumbri. Anak-anak muda yang utamanya senang menjelajah alam atau sekedar mencari spot berfoto dapat menjadikan Bukit Cumbri sebagai salah satu pilihan menghabiskan akhir pekan.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

Berlama-lama di depan gadget selama sekolah daring maupun pekerjaan yang menuntut di depan layar laptop tentu menjenuhkan.

Suasana baru dibutuhkan untuk kembali memompa semangat beraktivitas. Maka, melihat hijaunya pohon-pohon, mendengar suara burung, atau monyet yang melompat dari satu pohon ke pohon lain akan menjadi suasana baru yang menyenangkan.

Bukit yang tingginya hanya 638 mdpl ini cocok untuk orang-orang  yang jarang olahraga, karena tanjakan menuju puncak tidak terlalu berat.

Cukup berkeringat dan melelahkan tetapi juga menyenangkan. Ya, siapa yang tidak tergoda dengan semilir angin langsung dari alam.

Tetapi, yang tidak boleh dilupakan perlu pemanasan sebelum naik ke atas, agar otot-otot yang jarang berolahraga tidak terlalu kaget.

“Lelah, karena saya jarang olahraga. Langsung naik lagi, apalagi batunya tadi banyak. Bukitnya juga tidak landau,” ucap Vita, salah satu pengunjung yang mengaku cukup lama tidak berolahraga tetapi langsung naik bukit.

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

“Tetapi senang,” lanjutnya.

Jika tidak kesiangan dan terhalang kabut, menikmati sunrise dari Bukit Cumbri tentu tidak mengecewakan.

Matahari tepat meninggi dari dua gunung tinggi yang menjulang di sebelah timur. Di kelilingi rumah-rumah pedesaan dan hamparan sawah seolah menjadikan sang surya begitu perkasa.

Sementara di sore hari, sunset di sebelah barat juga tidak kalah menarik. Kemerahan langit dan sorot matahari menembus celah awan cocok untuk manambah koleksi foto maupun feed Instagram.

Belakangan memang wisata alam menarik perhatian anak muda. Bukit Cumbri salah satunya, terlebih ketika akhir pekan atau di hari libur.

Selain sebagai opsi untuk berwisata, naik ke atas Bukit Cumbri juga sebagai alternatif berolahraga. Berlibur sambil berolahraga untuk memulai aktivitas yang lebih semangat. Sri Rejeki

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com