JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Jepang Peringatkan Warganya di Luar Negeri Waspada Ancaman Teror, Beberapa Negara Ini Bingung

Ilustrasi teroris
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan kepada warga negaranya yang berada di Indonesia agar waspada terhadap ancaman teror di Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lainnya.

Tahu kabar tersebut, Kombes Pol Aswin Siregar selaku Kepala Bagian Banops Detesemen Khusus (Densus 88) Antiteror menegaskan, pihaknya selalu bersiap memonitor pergerakan jaringan teror di Indonesia.

โ€œTerima kasih infonya. Densus selalu siaga untuk memonitor setiap gerakan jaringan teroris di wilayah kita, termasuk regional dan internasional,โ€ kata Aswin, seperti dilansir dari Tribunnews.com, Selasa (14/9/2021).

Sebagai respons terhadap peringatan pemerintah Jepang, Aswin mengatakan Densus 88 akan menindaklanjuti peringatan yang dikeluarkan pihak pemerintah Jepang.

โ€œAkan ada tindak lanjut terhadap informasi-informasi seperti ini. Akan kami dalami maksud pernyataannya dan sumber informasinya,โ€ tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan kepada warganya agar waspada terhadap ancaman serangan teror di Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lainnya, yakni Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand dan Myanmar.

Kementerian luar negeri Jepang menyatakan peringatan untuk warganya menjauhi tempat ibadah dan kerumunan.

 

Melansir Tribunnews.com, berdasarkan informasi yang diterima Tokyo, terdapat peningkatan risiko ancaman berupa aksi teror, salah satunya adalah ancaman bom bunuh diri.

Peringatan untuk waspada yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang lantas membuat keenam negara yang dimaksud kebingungan, lantaran tidak adanya ancaman teror dan pergerakan mencurigakan di wilayah negara mereka (Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar). Bahkan tidak ada informasi dan konfirmasi detail dari Tokyo.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tanee Sangra sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand. Tanee Sangra mengatakan, bahwa Jepang tidak memberikan konfirmasi dari mana mereka mendapatkan informasi dan berita tentang ancaman teror di negaranya (Thailand).

Lebih lanjut, Tanee Sangra menyampaikan bahwa Kedutaan Besar Jepang di Bangkok juga tidak memberikan informasi lebih rinci.

Pihak Kedubes Jepang di Bangkok bahkan hanya mengatakan bahwa ancaman itu tak secara spesifik ditujukan ke Thailand.

Kissana Pathanacharoe selaku juru bicara kepolisian Thailand, mengatakan bahwa pihak kepolisian Thailand tidak menemukan aktivitas (teror) mencurigakan. Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Tanee Sangra sebelumnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Teuku Faizasya, membantah adanya peringatan yang dikirimkan pemerintah Jepang.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Polisi Malaysia Acryl Sani Abdullah Sani, menurutnya, pihaknya tidak menerima adanya ancaman keamanan.

Dalam peringatan yang dikeluarkan pemerintah Jepang, Tokyo meminta agar warganya untuk terus memperhatikan informasi lokal (di negara mereka berada) dan selalu berhati-hati.

Namun, saat dimintai konfirmasi lebih lanjut, mereka menolak menjabarkan apakah sudah membagikan informasinya ke negara lain.

Pemerintah Jepang hanya menerangkan peringatan tersebut hanya dibagikan ke kedutaan besar negara yang menjadi sorotan. Wahyu Anwari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com