JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Kasus Kebakaran di Wonogiri Tahun ini Capai 22 Buah, Gegaranya Konslet Hingga Human Error

   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pada 2021 hingga saat ini tercatat sudah ada puluhan kejadian kebakaran di Kabupaten Wonogiri.

Sebagian besar kebakaran dipicu human error. Sebagian lagi gegara konslet dan faktor lainnya.

Kebakaran di daerah terluas kedua di Jateng setelah Cilacap itu tidak hanya menghanguskan rumah. Namun juga gudang hingga ruko maupun kandang ternak.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri Joko Santosa mengatakan sejak awal tahun ini hingga Senin (20/9/2021). sudah terjadi 22 kejadian kebakaran. Terakhir kali si jago merah mengamuk tercatat terjadi di Kecamatan Selogiri pada Senin (6/9) lalu.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

“Lokasi kebakaran beragam. Mulai dari rumah warga, ruko hingga kandang ternak warga,” jelas Joko, Selasa (21/9/2021).

Dia menuturkan, puluhan kebakaran itu terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari konsleting arus listrik hingga adanya human error seperti kebakaran yang terjadi karena meninggalkan api yang masih menyala.

“Api yang sebenarnya belum padam ini akhirnya menyambar benda-benda mudah terbakar di sekitarnya,” beber dia.

Pihaknya mencatatkan, setidaknya ada tujuh insiden kebakaran yang terjadi karena konsleting listrik. Joko menjelaskan, konsleting listrik bisa terjadi karena usia instalasi listrik yang sudah lama.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

Menurut dia, pengecekan instalasi listrik harus rutin dilakukan. Jika sudah lama, instalasi listrik bisa diganti dengan bahan yang memiliki kualitas supaya meminimalkan potensi konsleting.

“Konsleting listrik ini juga bisa terjadi karena steker yang ditumpuk-tunpuk. Ini sudah pernah terjadi di Wonogiri. Ini juga yang harus dihindari,” terang Joko.

Sementara itu, 15 kebakaran lain didominasi oleh human error. Bahkan, pihaknya pernah mendapatkan laporan kebakaran karena putung rokok. Putung rokok yang belum padam itu membakar sebuah kasur. Beruntung api tak membesar dan segera bisa dikendalikan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com