JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa UMS Gelar Program Pemberdayaan Disabilitas di Desa Mlese, Gantiwarno, Klaten

Istimewa
   

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi FKIP UMS Surakarta menggelar program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021.

Kegiatan tersebut memberikan fokus pada pemberdayaan masyarakat disabilitas di desa setempat.

Setidaknya ada 14 orang mahasiswa yang terlilbat dalam kegiatan tersebut.

Melalui rilisnya ke Joglosemarnews dijelaskan, program itu bertujuan untuk meningkatkan  kapasitas difabel menuju desa tangguh bencana inklusif di Desa Mlese, Gantiwarno, Klaten.

“Yang baru dilaksanakan adalah pelatihan penggunaan website Sipakdedifa kepada komunitas disabilitas pada Agustus hingga Desember,” jelas Tim PHP2D, Septiana Dari Ningsih.

Menurut Septiana, baru sebagian dari program tersebut yang berhasil dikerjakan.

Ia berharap dengan adanya pelatihan penggunaan website Sipakdedifa kepada komunitas disabilitas, mereka bisa mendapatkan informasi dan ilmu baru terkait website khusus disabilitas.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Materi itu penting, lanjut Septiana, karena kaum difabel juga memiliki hak yang sama untuk dapat mengakses informasi terkait bencana, mitigasi bencana, maupun berita lainnya.

“Dengan membuat website Sipakdedifa masyarakat disabilitas dapat mengetahui kemungkinan timbulnya bencana,  apa saja yang akan terjadi dan bagaimana cara menanggulanginya sekaligus sebagai referensi bacaan sehari-hari,” ujar Septiana.

Sebagai informasi, terdapat 144 orang dengan disabilitas di Desa Mlese. Di desa tersebut juga sudah terbentuk komunitas penyandang disabilitas “Sejahtera”.

Tetapi, seiring perjalanan waktu komunitas itu mengalami penurunan aktivitas kemasyarakatan maupun secara ekonomi.

Tujuan yang diharapkan setelah program dilaksanakan adalah website komunitas penyandang disabilitas “Sejahtera” Desa Mlese, pembuatan website bengkel kendaraan bermotor modifikasi roda tiga khusus disabilitas dan pembuatan toko berbasis online, serta kerja sama antara Prodi Pendidikan Geografi dengan Desa Mlese, Gantiwarno, Kabupaten Klaten.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

“Mahasiswa tim PHP2D Pendidikan Geografi yang ikut di program ini diharapkan agar dapat dapat menerapkan dan mengamalkan pelajaran serta pengalaman dalam berkolaborasi dengan teman-teman disabilitas,” kata Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P. selaku dosen pembimbing.

“Kami ingin membantu  terwujudnya teman-teman disabilitas yang tangguh bencana yang didukung kapasitas ekonomi dan kondisi fisik yang kuat,” tambahnya.

Banyak hal yang bisa dicontoh dari para penyandang disabilias, mulai dari pengalaman hidup sehari-hari, dan cara mereka membangun kekuatan dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Chairul roziqi Putra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com