JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Menyentuh, 2 Warga Lemahbang Kecamatan Kismantoro Wonogiri Ikhlas Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Jembatan Penghubung

Hibah
Pembangunan jembatan penghubung antar dusun di Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Wonogiri. Dok. Kodim 0728
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM –Program TMMD di Wonogiri secara resmi dibuka, Rabu (115/9/2021). Pembukaan ditandai penandatanganan naskah serah terima program TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2021 oleh Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, kepada Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Rivan Rembudito Rivai.

Sasaran utama dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III TA 2021 Kodim 0728/Wonogiri adalah pembuatan jembatan penghubung. Volume panjang 18 meter, lebar 4 meter, tinggi 4 meter.

Alokasi dana sebesar Rp. 652.000.000. Dengan rincian dana dari APBD Provinsi sebesar Rp. 170.000.000, dana APBD Kabupaten Rp. 452.000.000, dan dana swadaya masyarakat sebesar Rp. 30.000.000.

Baca Juga :  Operasi Ketupat Candi 2024 Selesai, Hasilnya?

Lokasi TMMD tersebut berada di Dusun Lemahbang. Jembatan itu nantinya akan menghubungkan Dusun Sambeng dengan Dusun Lemahbang. Dengan adanya jembatan tersebut diharapkan dapat memperlancar akses dalam mobilitas masyarakat, baik di bidang pemerintahan, ekonomi, sosial, pertanian, maupun pendidikan.

Dandim memberikan apresiasi kepada warga sekitar, karena antusiasme masyarakat sangat besar. Keberhasilan program fisik itu nantinya tentu ada peran serta masyarakat, tidak hanya kegotongroyongan dan kebersamaan dalam mengerjakannya. Namun juga kerelaan masyarakat untuk menghibahkan tanah mereka yang akan dilalui jalan.

Baca Juga :  Melepaskan Kekhilafan Memurnikan Hati dan Memperkuat Silaturahmi

Dihubungi secara terpisah Kades Lemahbang Sugito Najib menjelaskan, ada beberapa warga yang secara sukarela menghibahkan tanahnya untuk nantinya dapat dilalui, setelah pembangunan jembatan selesai. Kades menambahkan, warganya yang menghibahkan tanah tersebut yakni Sardi dengan luas tanah sekitar 70 meter dan Samidi sekitar 45 meter. Keduanya merupakan warga Dusun Sambeng RT 2 RW 5.

“Warga sangat mendambakan mempunyai jembatan penghubung tersebut dan program TMMD dari Kodim 0728/Wonogiri mewujudkannya. Sehingga warga tanpa ragu menghibahkan tanahnya semata-mata untuk tujuan bersama dalam mensukseskan program TMMD tersebut,” sebut Kades. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com