JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Optimalkan Kadar Kolagen Alami dengan 3 Makanan Harian Ini

Ilustrasi telur. pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Memiliki kulit bersih, bercahaya dan awet muda menjadi dambaan setiap kaum hawa di dunia. Berbicara tentang itu semua tak lepas dari kolagen.

Produk perawatan kulit untuk malam hari mengandung bahan aktif seperti retinol atau asam glikolat, karena dapat merangsang respons kolagen.

Begitu pula perawatan di klinik kecantikan—seperti terapi sinar merah, laser, dan pengelupasan kulit—memiliki manfaat meningkatkan kolagen.

Dan mengapa para ahli memuji serum vitamin C, karena mereka dapat mensintesis produksi dan melindungi sel Anda saat ini.

Kolagen seperti perancah untuk kulit Anda. Itulah yang membuat wajah Anda kencang, kenyal, dan tahan banting, sekaligus.

Namun seiring bertambahnya usia, kolagen pun menurun, serta karena hal-hal seperti paparan sinar UV, diet, dan stres. Sebab itu, banyak upaya dilakukan untuk mengoptimalkan produksi dan produksi kolagen Anda.

Memaksimalkan kolagen bukan hanya topikal, tetapi ada hubungannya dengan apa yang Anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang memainkan peran besar dalam produksi dan perlindungan kolagen.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Dalam video TikTok belum lama ini, dokter kulit bersertifikat dan anggota kolektif mbg Whitney Bowe, M.D., membagikan tiga makanan teratasnya untuk dikonsumsi untuk mendukung kadar kolagen alami Anda.

1. Buah jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk menyehatkan kulit. “Kulit Anda membutuhkan vitamin C untuk mensintesis kolagen, jadi lanjutkan dan peras lemon itu ke dalam air Anda,” ujar Bowe.

Jeruk tidak hanya merangsang produksi kolagen; namun juga menstabilkan kolagen yang Anda miliki, yang mengarah pada pengurangan kerutan secara keseluruhan.*

2. Putih telur

Asam amino seperti blok bangunan untuk protein. Dan setiap jenis protein—seperti kolagen di kulit atau keratin di rambut—memiliki susunan asam amino yang berbeda. Jadi disengaja dengan pemecahan asam amino Anda dapat membantu Anda menjadi spesifik dengan tujuan Anda. “Telur, khususnya putihnya, mengandung asam amino glisin dan prolin, yang membentuk kolagen,” terangnya.

3. Kacang

“Kacang mengandung seng, dan seng sebenarnya mendukung fibroblas Anda, yang merupakan sel yang membuat kolagen,” katanya. Faktanya, mineral ini juga dapat berfungsi sebagai antioksidan, membantu menetralisir radikal bebas, melindungi lemak kulit, dan fibroblas yang berharga itu.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Selain makanan untuk mendukung kadar kolagen, Anda dapat mengkonsumsi suplemen kolagen. Suplemen kolagen terbuat dari peptida kolagen terhidrolisis, yang bila tertelan berjalan ke seluruh tubuh untuk mendukung produksi di mana diperlukan.

Ya, termasuk kulit. Penelitian menunjukkan bahwa peptida kolagen ini mampu mendukung elastisitas kulit dan kepadatan kolagen kulit. Peptida kolagen yang terhidrolisis dengan baik telah terbukti membantu meningkatkan produksi kolagen alami tubuh Anda dan molekul lain yang membentuk kulit, seperti elastin dan fibrillin.

Jika Anda khawatir tentang menjaga kulit Anda terlihat awet muda dan kencang lebih lama, salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah fokus pada produksi kolagen alami Anda. Anda dapat melakukannya melalui topikal, tentu saja, tetapi Anda juga ingin fokus pada apa yang Anda konsumsi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com