JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pegawai KPK Nonaktif Ini Klaim Tahu Keberadaan Buron Harun Masiku

Harun Masiku / facebook.com / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Lama tak ada kabarnya, bagaimana dan di mana keberadaan Harun Masiku, yang  hingga sekarang masih buron?

Namun, Kepala Satuan Tugas Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Harun Al Rasyid mengklaim bisa menangkap Harun Masiku.

Hanya saja, menurut pengakuannya, keinginan itu terhalang karena dirinya dinonaktifkan lewat tes wawasan kebangsaan (TWK).

“Kalau saya aktif, saya geret itu Harun Masiku,” kata dia, Kamis (2/9/2021).

Dia mengaku sudah mendeteksi keberadaan Harun Masiku namun enggan membeberkannya.

Baca Juga :  Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

Sebelumnya, Deputi Penindakan KPK, Karyoto mengatakan sempat mendeteksi keberadaan Harun Masiku. Dia mengatakan Harun ada di luar negeri dan upaya penangkapan terhalang oleh pandemi Covid-19.

“Hanya saja karena tempatnya tidak di dalam negeri, kami mau ke sana juga bingung,” kata Deputi Penindakan KPK, Karyoto, di kantornya, Jakarta Selasa (24/8/2021).

Karyoto mengatakan sangat ingin menangkap buronan kasus suap tersebut. Dia mengatakan pernah mendapatkan izin pimpinan untuk menangkap, namun belum memiliki kesempatan.

“Saya sangat nafsu sekali ingin menangkap. Waktu itu Pak Ketua sudah memerintahkan, tapi kesempatannya belum ada,” kata Karyoto.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Harun Masiku adalah mantan calon legislatif dari PDI Perjuangan. KPK menetapkannya menjadi tersangka karena diduga menyuap komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Suap diberikan untuk memuluskannya melenggang menjadi anggota DPR lewat jalur pergantian antar waktu.

Dalam operasi senyap yang digelar awal 2020, Harun Masiku gagal ditangkap. KPK baru-baru ini menyatakan bahwa Harun sudah masuk dalam daftar red notice.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com