JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Penampakan 108 Motor Berknalpot Brong yang Diamankan Polisi, Terjadi di Wonogiri

Knalpot
Petugas menunjukkan sebagian sepeda motor dengan knalpot brong. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Jajaran satlantas Polres Wonogiri mengamankan ratusan unit sepeda motor dengan knalpot modifikasi atau yang biasa disebut knalpot brong.

Ratusan sepeda motor itu awalnya diamankan di Mako Satlantas Polres Wonogiri. Namun sebagian sudah diambil pemiliknya setelah melalui prosedur yang berlaku. Misalnya mengganti knalpot brong dengan knalpot standar dan menyelesaikan kewajiban tilangnya.

“Proses hukum tetap berjalan namun agar ada efek jera para pemilik motor harus memasang knalpot asli serta membuat surat pernyataan bahwa tidak akan mengulangi perbuatannya,” ungkap Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Marwanto, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga :  Alhamdulillah, 621 GTT Diusulkan Jadi PPK di Wonogiri, Tangis Bahagia Pecah di Gedung Sasono Mulyo

Ratusan unit sepeda motor itu didapat dari penindakan pelanggaran kasat mata. Menurut dia, selama digelar penindakan pelanggaran kasat mata sejak 20 Agustus hingga Kamis (9/9) pihaknya mengamankan 108 unit sepeda motor berknalpot brong.

Dengan penegakan hukum atau Gakkum ini, akta dia, untuk menciptakan suasana tenang, aman dan nyaman berlalu lintas di jalan raya. Selain itu, sebagai upaya menekan angka laka lantas karena umumnya pemotor brong ini ngebut di jalan raya hingga mengganggu pengguna jalan lainnya.

Baca Juga :  Fakta ini yang Terjadi Hingga Komunitas AD 1 PM Indonesia Gelar Baksos di Yayasan Bina Jiwa Giri Sion Wonogiri

Disebutkan, saat anggota kebetulan ada di daerah-daerah rawan lakalantas seperti Sidoharjo, Purwantoro, Pracimantoro serta Wonogiri Kota mendapati ada motor brong melinta. Selanjutnya motor dihentikan.

Penertiban motor berknalpot brong ini bukan karena ada laporan masyarakat. Namun demikian masyarakat yang tahu umumnya menyampaikan apresiasi bahwa penindakan dinilai positif sehingga harus ditingkatkan. Aris

Bagi Halaman