JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Penting! Ini Perbedaan Expired Date dan Best-Before pada Kemasan Makanan

Ilustrasi makanan kaleng. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Konsumen yang cermat pasti akan mencari tanggal kedaluwarsa atau expired date pada bungkus makanan kemasan saat akan dibeli. Selain expired date sering dijumpai istilah lain pada kemasan makanan, yakni best-before date.

Seringkali kedua istilah tersebut dianggap sebagai dua hal yang sama sebagai anjuran batas kedaluwarsa makanan untuk dikonsumsi. Tetapi kenyataanya, kedua hal tersebut memiliki makna yang berbeda. Lalu, apa sebenarnya perbedaan kedua istilah ini?

Melansir laman blog.liebherr, istilah best-before date pada kemasan makanan memberikan informasi kepada konsumen mengenai kapan waktu terbaik mengonsumsi makanan tersebut hingga waktu atau tanggal tertentu.

Atau dengan kata lain, best-before date merupakan saran agar konsumen memakan produk tersebut waktu yang tertera atau ditentukan di kemasan makanan agar memeroleh kualitas maksimal dari makanan tersebut.

Namun demikian, meski telah melewati waktu yang ditentukan konsumen masih boleh mengonsumsinya tetapi dengan kualitas produk yang menurun. Hal senada juga disampaikan oleh Ellie Topp, seorang ekonom profesional.

”Walaupun sudah melewati best-before date, suatu makanan masih aman untuk dimakan,” kata Topp sebagaimana dikutip Tempo.co dari laman cbc.ca.

Dengan demikian, best-before date tidak memengaruhi keamanan makanan untuk dikonsumsi. Akan tetapi, best-before date justru menunjukkan indikator kualitas suatu produk. Hal ini karena bahan makanan tersebut tidak dapat dijamin kualitasnya, seperti rasa makanan, setelah melewati tanggal tertentu.

Sementara itu, expired date atau tanggal kedaluwarsa berkaitan dengan kandungan gizi suatu makanan, sebagaimana dijelaskan Canadian Institute of Food Safety. Laman foodsafety.ca menjelaskan bahwa expired date menunjukkan jangka waktu untuk makanan aman dikonsumsi. Karena itu, makanan yang telah melebihi kedaluwarsa sangat disarankan untuk dibuang atau tidak dikonsumsi.

Menurut The Canadian Food Inspection Agency, setidaknya terdapat lima jenis produk makanan yang perlu diberi label tanggal kedaluwarsa atau expired date. Kelima makanan tersebut adalah susu formula bayi dan pengganti ASI, suplemen nutrisi, produk pengganti makanan, makanan rendah energi yang dijual apoteker, dan makanan cair yang diformulasikan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com