JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pertanda Apa ini? Hujan Sering Turun di Wonogiri, Bahkan Curahnya Diatas Normal

Hujan
Ilustrasi hujan. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belakangan hujan mulai kerap turun di wilayah Wonogiri. Sebagian di antaranya bahkan tergolong sangat deras.

Masyarakat pun menduga bahwa hal ini menandakan segera masuk musim penghujan. Sebagian warga justru menyebut hujan yang mulai turun mengindikasikan fenomena kemarau basah.

Lantas fakta apa yang sesungguhnya terjadi? Benarkah sudah masuk musim penghujan di Wonogiri, atau justru saat ini sebenarnya masih pada musim kemarau?.

Baca Juga :  Anak TK Pengin Jadi Anggota Dewan, Diundang PIIAD Wonogiri Sekalian Kartinian, PAP? Ini Loh

Menanggapi hal itu, Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan saat ini Wonogiri sudah akan memasuki musim penghujan. Saat ini curah hujan secara umum masih normal yakni antara 51-100 milimeter.

Namun demikian bulan depan dan selanjutnya diperkirakan hujan akan di atas normal. Berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan di buletin Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Oktober 2021 mendatang, curah hujan di Wonogiri di atas normal, antara 101-150 milimeter.

Baca Juga :  Balon Udara Jatuh di Jatinom Gedong Ngadirojo Wonogiri, Bisa Picu Kebakaran hingga Gangguan Penerbangan

Bahkan di sebagian wilayah Wonogiri, curah hujan bisa lebih tinggi. Daerah Wonogiri bagian timur, curah hujannya bisa mencapai 200 hingga 300 milimeter.

Pada pergatian musim seperti saat ini masyarakat diminta mewaspadai adanya bencana hidrometeorologi. Misalnya angin kencang dan tanah longsor atau banjir. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com