JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Rayakan HUT ke-1, Jumat Berkah Sakmampuku Gelar Pasar Murah di Huntap Merapi. Warga Antusias Beli Sembako dan Sayuran , Ludes Tak Sampai 1,5 Jam

lapak pakaian pantas pakai yang sudah disortir menarik banyak warga JSmews/Kiki DS
ย ย ย 
Warga Huntap Karangkendal, Pelemsari Cangkringan, Sleman tampak membeli paket sembako dalam pasar murah memperingati HUT ke-1 Jumat Berkah Sakmampuku Jogja, Minggu (5/9/2021)

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM Merayakan Hari Ulang Tahun ke-1, Jumat Berkah Sakmampukuย  menggelar pasar murah di Joglo Pelemsari, Hunian Tetap (Huntap) ย Karangkendal, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, ย tadi pagi, Minggu,ย  (5/9/2021). Jumat Berkah Sakmampuku merupakan kegiatan sosial yang rutin membagikan nasi bungkus di jalanan kepada kaum duafa dan masyarakat setiap hari Jumat, serta sebulan sekali membagikan sembako, perlengkapan sekolah dan pakaian layak pakai ke panti asuhan, pondok pesantren, yatim duafa ataupun masyarakat tidak mampu di daerah Yogyakarta. Basecamp kegiatan ini berlokasi di daerah Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta, dan memulai kegiatan sosial tepatnya 4 September 2020 lalu.

Dalam Pasar Murah ini, menurut Koordinator Jumat Berkah Sakmampuku Dian, ada empat paket barang yang dijual murah kepada para warga Huntap Karangkendal. Yakni paket sembako, paket kebersihan berupa perlengkapan mandi, paket wedangan berisi gula, teh, susu, dan paket sayuran plus beragam bumbu dapur dan tempe mentah. Harga yang diberlakukan mulai @ Rp 5.000- Rp 20.000 per paket. Tak ketinggalan ada pula lapak pakaian pantas pakai yang sudah disortir.

Baca Juga :  2 Pengunjung Lapas Kelas II A Yogya Ditangkap Gegara Selundupkan Obat Terlarang
lapak pakaian pantas pakai yang sudah disortir menarik banyak warga
JSmews/Kiki DS

โ€œKegiatan ini sekaligus syukuran ulang tahun pertama kegiatan Jumat Berkah Sakmampuku kami. Sebenarnya pas kemarin tanggal 4,tapi bikin acaranya hari ini, nah kami ingin berbagi kepada masyarakat di pedesaan dan dekat Merapi ini,โ€ucapnya kepada Joglosemarnews, Minggu (5/9/2021).

Warga yang mendatagi joglo tempat pelaksanaan pasar murah tersebut terlihat antusias. Tua, muda, remaja dan anak-anak berdatangan dan membeli sesuai kebutuhan mereka. ย Bahkan lapak awul-awul pakaian pantas pakai diserbu pertama kali dan laris manis ,ย  karena terbilang cukup murah yakni Rp 10.000 dapat 3 item, baik kaos,kemeja, kerudung. Sementara celana jeans @ Rp 15.000. Tak sampai 1,5 jam langsung ludes semua.

โ€œSeneng ada pasar murah kayak gini, soalnya murah-murah, mudah-mudahan bisa berkembang. Buat Jumat Berkah semoga panjang umur. Besok lagi bikin pasar murah di sini ya, tapi baju awul-awulnya bawa yang banyak. Lumayan bisa buat ke sawah atau ngarit,โ€tandas Agustina salah satu warga setempat yang membeli sejumlah baju sekenan.

Baca Juga :  Polres Bantul Sita 30 Kg Bahan Petasan dan Amankan 3 Orang Pelaku, Seorang Masih Buron
Lapak wedangan tak ketinggalan menjadi pilihan belanja kaum bapak dan ibu warga setempat
Jsnews/Kiki DS

Abet, wakil koordinator Jumat Berkah, mengaku kaget dengan tingginya minat warga yang langsung memburu baju-baju dan sepatu layak pakai di sana. Ke depannya, bila digelar kembali pasar murah, baju awul-awul dan sepatu akan diperbanyak. Terlebih setiap saat datang hibah baju dan sepatu layak pakai dari para donatur ke basecamp, dan memang boleh untuk dibagikan atau dijual yang hasil penjualan untuk keberlangsungan Jumat Berkah Sakmampuku.

Melihat kegembiraan warganya, Dukuh Huntab Karangkendal Pelemsari,ย  Ramijo mengakuย  bersyukur dan berterimakasih dengan penyelenggaraan pasar murah yang menyasar warganya tersebut. Tercatat ada 87 KK yang tinggal di sana.

Tak sampai 1,5 jam aneka paketan sembako dan dagangan yang lain habis diserbu warga
Jsnews/Kiki DS

โ€œBagi masyarakat kami, pasar murah ini sangat berguna, karena ย sudah ย lengkap, juga murah. Ini yang bikin seneng, mudah-mudahan di hari lain nanti bisa melaksanakan pasar murah kembali di sini. Dan semoga Jumat Berkah Sakmampuku tambah besar amalnya karena untuk kemanfaatan umat,โ€pungkas Dukuh Ramijo. # Kiki DS

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com