JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sudah Minum Kopi Kok Malah Mengantuk, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Minum kopi telah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat di seluruh dunia. Bahkan banyak orang selalu minum kopi sebelum memulai aktivitas pagi.

Kopi dianggap bisa meningkatkan semangat dan dapat mengusir rasa kantuk. Kopi mungkin diandalkan apabila kita ingin terjaga semalaman. Tetapi, apa jadinya bila kopi justru memberikan efek sebaliknya.

Para ahli menyebut secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 90 miligram kafein.

Jumlah itu kira-kira tiga hingga empat kali lebih banyak dari yang ada di banyak jenis minuman umum lainnya seperti teh. Namun, para peneliti pun menyebut kopi sebenarnya bisa membuat kita mengantuk seiring waktu.

“Paradoks kafein adalah bahwa dalam jangka pendek, kafein membantu perhatian dan kewaspadaan. Ini membantu beberapa tugas kognitif, dan membantu tingkat energi. Tetapi efek kumulatif, atau dampak jangka panjang justru memiliki efek sebaliknya,” kata profesor psikiatri di Departemen Psikiatri Universitas Washington, Mark Stein.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Berikut alasan mengapa kopi sebenarnya bisa membuat kita lebih mengantuk, dilansir laman Eat This Not That, Minggu(12/9/2021).

1. Saat kopi habis ada efek ingin tidur

Beberapa ahli tidur menyebut tekanan tidur sebagai perasaan alami tubuh yang membutuhkan tidur yang meningkat sepanjang hari. Seorang ahli saraf tidur di Universitas Johns Hopkins, Seth Blackshaw mengatakan, ketika efek kafein dalam kopi mereda, tekanan tidur bisa sangat parah. Satu-satunya cara yang terbukti benar untuk memperbaikinya, kata dia, adalah dengan tidur.

2. Tubuh membangun toleransi kafein

Blackshaw mengatakan, semakin lama Anda minum kopi, semakin cepat hati Anda menghasilkan protein yang memecah kafein. Ini adalah kasus klasik peningkatan toleransi mengingat kafein adalah obat. Semakin banyak kafein yang Anda konsumsi, semakin banyak yang Anda butuhkan untuk mengalami tingkat dampak yang sama.

Tapi kemudian, apa yang terjadi ketika Anda minum terlalu banyak kafein? Tertidur dengan mudah mungkin menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Kafein dapat membuat dehidrasi

Juga disebutkan dalam laporan Times adalah fakta bahwa kopi dapat membuat kita dehidrasi. Kopi berperan sebagai diuretik, sehingga dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan kelebihan air.

Itulah salah satu alasan kopi dapat menyebabkan kelelahan fisik, seperti yang ditunjukkan oleh Christina Pierpaoli Parker, seorang peneliti tidur di University of Alabama.

4. Cara konsumsi kopi yang salah

Para ahli dalam laporan Times menyarankan bahwa jika Anda tidak merasakan efek kopi dalam membuat Anda bersemangat, cobalah mengubah seberapa sering Anda meminumnya. Kita juga bisa mengambil cuti tak minum kopi beberapa hari untuk membiarkan respons tubuh Anda terhadapnya tumbuh lebih sensitif lagi.

Mereka juga merekomendasikan untuk tidak mengandalkan kafein sebagai energi utama Anda. Kita bisa keluar sejenak untuk berjalan-jalan sebentar atau luangkan waktu untuk tidur siang.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com