JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tak Hanya Anak Orang Tua Murid Juga Harus Divaksin loh, Demi Hadapi dan Penuhi Hal ini

Vaksin untuk pelajar
Pelajar di Wonogiri mulai menerima vaksin COVID-19. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wonogiri kian gencar dalam percepatan vaksinasi COVID-19. Ke depan vaksinasi bakal menyasar pula ke kalangan orang tua murid.

Vaksin untuk orang tua murid ini sekaligus menjadi salah satu persiapan menuju pembelajaran tatap muka (PTM).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek berujar cakupan vaksinasi tidak hanya di kalangan pelajar. Seluruh orang tua murid juga harus sudah divaksin sebelum pelaksanaan PTM di Kota Gaplek.

“Supaya tidak terjadi klaster COVID-19 pada saat PTM diterapkan. Tinggal upaya pencegahannya apa. Jadi selain anak, orangtua juga harus divaksin agar bisa memenuhi kekebalan imunitas,” ujar Jekek, Sabtu (25/9/2021).

Saat ini, Kabupaten Wonogiri memiliki stok 300.000-an dosis vaksin yang bisa mencukupi kebutuhan vaksinasi hingga dua minggu ke depan.

Setelah kemunculan klaster daerah lain, secara internal Pemkab Wonogiri melakukan evaluasi sambil menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait PTM.
Dari evaluasi itu akan ditemukan metode maupun strategi agar penularan COVID-19 bisa ditekan ketika PTM jadi digelar.

“Semua kita evaluasi, termasuk rencana penjadwalan penggelaran PTM. Tentu saja bersama dinas terkait,” ujar dia.

Saat ini pihaknya juga tengah menggencarkan vaksinasi. Salah satunya yang menyasar kepada kalangan pelajar. Pada pertengahan Oktober mendatang, target vaksinasi diperkirakan sudah mencapai 70 persen.

Baca Juga :  Nataru Dilarang Mudik, Tenang Perantau Wonogiri Bisa Pulang Kampung Setiap Saat Tanpa Harus Menunggu Momen Tepat

Selain itu tracing maupun tracking terus digencarkan untuk menekan terus kasus penularan virus Corona.

Pria yang akrab disapa Jekek ini menerangkan, vaksinasi bagi siswa dan guru menjadi bentuk upaya pemerintah memberikan jaminan dan perlindungan saat mengikuti PTM. Pasalnya ketika sudah terbentuk antibodi jika ada siswa yang terpapar maka pengendaliannya mudah.

“Akan sangat berbeda kalau ada klaster lantas di sekitarnya belum tervaksin, bisa sangat cepat penularannya,” ujar Jekek.

Setelah vaksinasi untuk pelajar selesai, kata Joko Sutopo akan melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan pihak terkait dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan PTM. Di sisi lain pihaknya berharap level PPKM di Wonogiri bisa bertahan kuning bahkan bisa hijau.

Pihaknya perlu berdiskusi dengan sejumlah pihak. Perlu ada jaminan dari guru dan entitas terkait dan kepastian dari orangtua siswa.

“PTM bukan soal spekulasi. Kalau syarat objektifnya terpenuhi, vaksin, masker dan fasilitas siap, kami dorong untuk gelar PTM,” beber Bupati.

Langkah Pemkab yang menyiapkan segala sesuatunya menuju PTM itu mendapat apresiasi dan dukungan penuh kalangan legislator. Secara terang-terangan Ketua DPRD Wonogiri Sriyono menyatakan sepakat dengan langkah Pemkab Wonogiri yang tak tergesa-gesa dalam menggelar PTM.

Baca Juga :  Anggaran Polres Wonogiri Tahun 2022 Sebesar 83 M Turun Dibandingkan Tahun 2011 Sebanyak 102 M, ini Penyebabnya

“Banyak hal yang perlu disiapkan agar PTM nantinya bisa diselenggarakan dengan aman. Saat ini pun vaksinasi bagi pelajar SMA sederajat digencarkan.
Saya setuju kalau siswanya ini divaksin terlebih dahulu, baru setelah itu PTM,” kata Sriyono.

Menurut Sriyono, vaksinasi bagi pelajar perlu digenjot sehingga memunculkan kekebalan komunitas di lingkungan sekolah. Saat PTM digelar di masa pandemi ini, kata dia, memang harus dilakukan dengan hati-hati.

“Selain dari siswanya, sekolah juga harus menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung protokol kesehatan. Jadi nanti saat sudah PTM bisa dikatakan amanlah untuk semuanya,” beber Sriyono.

Karena itu, dia juga berharap sekolah benar-benar mempersiapkan metode pembelajaran daring yang baik supaya siswa bisa mencerna materi.

Sriyono mengatakan jika PTM bakal dibuka secara bertahap siswa yang mengikuti PTM bisa diatur. Untuk siswa yang akan lulus bisa mendapatkan prioritas untuk mengikuti PTM sehingga materi yang didapatkan lebih baik. Aris

Bagi Halaman