JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

160 Desa di Sragen Buka Mutasi Perangkat Desa, Tersedia 314 Lowongan dari Kasi Hingga Sekdes

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumlah desa yang menggelar proses mutasi perangkat desa di Sragen tercatat sudah mencapai 160 desa.

Dari jumlah itu, total ada 314 kekosongan formasi yang akan diperebutkan melalui proses seleksi dengan pihak ketiga.

Data itu terekam di Bagian Pemerintahan Setda Sragen. Kabag Pemerintahan Desa yang barusaja dilantik jadi Kepala Disnakkan, Rina Wijaya sebelumnya mengatakan hingga tanggal 7 Oktober 2021, sudah ada 160 desa yang mengajukan izin menggelar mutasi Perdes.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Jenazah Siswi Pendekar Silat yang Hanyut di Sungai Pleret Gesi Akhirnya Ditemukan. Sempat Hanyut 1 Kilometer

Dari jumlah itu, kekosongan formasi yang dibuka ada 314. Meliputi sekretaris desa, Kadus hingga kasi perencanaan.

“Tapi jumlah itu masih bisa bertambah, karena datanya bisa berkembang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (7/10/2021)..

Dari 160 desa yang mendapat izin mutasi itu, sebagian sudah selesai dan sebagian lainnya masih melangsungkan tahapan.

Untuk pihak ketiga yang digandeng sebagai penyelenggara seleksi, diserahkan ke pihak desa. Rina menyebut ada 11 lembaga akademik yang bekerjasama dengan Pemkab dan bisa dipilih.

Baca Juga :  Satwasker Provinsi Usut Kasus Buruh Pabrik Herbel Blesscon Sragen Tewas Tergiling Adukan Semen Sampai Terputus. Disnaker Sebut Keluarga Disantuni Sekitar Rp 50 Juta

Berdasarkan data, 160 desa itu memilih kerjasama dengan lembaga berbeda-beda. Ada Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Uniba dan lainnya.

“Ada juga yang sudah selesai mutasinya dan bahkan Perdes terpilihnya sudah dilantik. Seperti di Desa Ngandul dan Pagak Sumberlawang. Lalu ada lagi di Karangmalang,” katanya. Wardoyo

Bagi Halaman