JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

30 Siswa dan 3 Guru di SMPN 8 Surakarta Ikuti Tes PCR

Para siswa SMPN 8 Surakarta yang hendak mengikuti tes PCR (foto atas) dan Kepala Sekolah, Triad Suparman, M.Pd tengah menjalani tes PCR (foto bawah) / Dok Humas Sekolah / kolase: Suhamdani
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Sebanyak 30 siswa SMP Negeri 8 Surakarta, dua orang guru dan Kepala Sekolah menjalani tes PCR di sekolah setempat pada Senin (18/10/2021).

Pelaksanaan tes PCR dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Ngoresan, Solo.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd mengatakan, tes PCR tersebut merupakan bagian dari kebijakan Pemkot Surakarta, Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas Ngoresan untuk melakukan evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM).

โ€œKarena itulah digelar pemeriksaan Swab secara sampling pada 30 peserta didik dan tiga orang ย guru,โ€ jelas Triad, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Sebelum tes dimulai, para siswa tampak tegang dan gugup. Namun keadaan itu berhasil dicairkan oleh Kepala UPT Puskesmas Ngoresan drg. Retno Handarurini dalam kata pengantarnya.

Drg Retno menjelaskan, dengan adanya sampel usap tes PCR tersebut, diharapkan PTM di Solo jauh dari klaster baru penyebaran Covid-19.

Lebih jauh dia berharap, hasilnya nanti negativ agar Solo tetap bisa terus melakukan PTM. โ€œMudah-mudahan ini akan menjadi tolok ukur Kota Solo dalam menjalankan PTM. Semoga saja tidak ada Guru dan Peserta Didik yang kedapatan positif Covid-19,โ€ ujarnya berharap.

Drg Retno menjelaskan, 30 peserta didik yang mengikuti uji usap itu akan diistirahatkan terlebih dulu selama ย dua hari. Sementara peserta didik yang lain tetap menjalankan PTM terbatas.

Para siswa yang menjalani uji usap tersebut, menurut drg Retno, sudah mendapatkan izin dan persetujuan dari orang tua mereka.

Jika hasil tes sudah keluar, jelas drg Retno, maka akan ditindaklanjuti dengan kebijakan terkait PTM terbatas. Sebaliknya, jika ditemukan kasus Covid-19, ย maka akan dilakukan tracking.

Menurut Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, secara pengawasan memang di sekolah itu telah menyediakan sarana prasarana pendukung prokes.

Misalnya dengan membentuk Satgas Covid-19, serta guru piket yang bertugas untuk mengawal, mengawasi dan memastikan kesehatan dan kepatuhan peserta didikย  dalam penerapan prokes sepanjang beraktivitas di sekolah.

Triad berharap, semoga dengan Prokes ketat, tidak ada civitas sekolah yang terpapar, sehingga hari masuk anak-anak bisa bertambah, dan mereka akan lebih bersemangat lagi.

Untuk memenuhi Prokes menjaga jarak, sampai saat ini masih menerapkan kapasitas 50 % untuk sekali PTM. Sehingga sejak pertama awal September sampai sekarang SMP Negeri 8 Surakarta memakai sistem masuk giliran dua hari hari sekali. ย Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com