JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

4 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Bisa Dimakan Langsung atau Dijus

Ilustrasi jambu biji. pexels
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Jambu biji merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Kita dengan mudah mendapatkan buah ini, baik di pasar tradisional maupun toko modern.

Buah yang mempunyai nama latin Psidium guajava ini merupakan anggota dari keluarga Myrtaceae (Suku Jambu-Jambuan). Jambu biji memiliki manfaat untuk organ tubuh manusia.

Jambu biji dapat dikonsumsi langsung ataupun dibuat menjadi jus. Dimakan langsung ataupun dibuah minuman, buah ini memiliki khasiat yang sama.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan antara lain mencerahkan kulit, membuat rambut berkilau dan halus, menjaga tekanan darah, dan lain-lain.

Ditambah lagi kandungan yang terdapat pada jambu biji sangatlah beragam, mulai dari vitamin C, vitamin B, kalium, vitamin E, magnesium, vitamin A, fosfor, kalsium, natrium, hingga seng.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Dilansir dari juke.kedokteran.unila.ac.id, ada pula khasiat-khasiat lebih lengkap yang dimiliki oleh jambu biji. Khasiat-khasiat tersebut antara lain:

1. Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Khasiat jambu biji yang pertama adalah mampu meningkatkan kesehatan jantung. Hipertensi yang dialami oleh jantung biasanya disebabkan karena tingginya tingkat asupan natrium dan rendahnya jumlah kalium dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jambu biji dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan natrium serta kalium yang ada pada tubuh.

2. Memperbaiki sistem pencernaan

Khasiat jambu biji yang kedua adalah memperbaiki sistem pencernaan. Sebagian besar masalah pencernaan disebabkan karena kurangnya serat dalam makanan yang dikonsumsi. Jumlah asupan serat sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan dalam tubuh. Maka dari itu, kandungan serat yang dimiliki oleh jambu biji sangat ampuh mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Baca Juga :  Meski Sangat Lezat, Konsumsi Daging Merah Berlebihan Tidak Baik Bagi Kesehatan
3. Meminimalisir timbulnya penyakit diabetes

Khasiat jambu biji yang ketiga adalah membantu mengelola penyakit diabetes. Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah yang menjadikannya buah yang ideal untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Apalagi, tingkat serat yang terdapat pada jambu biji bisa dibilang sangat tinggi sehingga itu memungkinkan untuk kontrol gula darah dalam tubuh.

4. Melawan radikal bebas

Khasiat jambu biji yang terakhir adalah melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh jambu biji dapat berfungsi untuk membantu melawan radikal bebas, melindungi DNA, serta menghambat perkembangan degenerasi sel.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com