JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Aqua Ajak Pegawai BRI Salatiga Selalu Wujudkan Rasa Syukur dengan Kinerja Terbaik

Aqua Dwipayana bersama jajaran pimpinan BRI Salatiga. Foto: istimewa
   

 

SALATIGA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemimpin BRI Cabang Salatiga, Jawa Tengaj (Jateng),  Edy Legowo meminta semua jajaran pegawainya untuk dapat menyerap nilai-nilai Silaturahim yang telah menjadi aktivitas keseharian Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana.

Bahkan, ia juga menyarankan semua jajaran pegawai untuk membaca buku-buku karya Aqua karena manfaatnya sangat besar termasuk buat mendukung aktivitas di pekerjaan mereka.

Hal itu disampaikan Edy, Senin (25/10/2021) saat menerima pemberian buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim karya Aqua kepadanya. Ketiga buku itu berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”, “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Edy mengaku senang menerimanya dan akan membaca semua bukunya sampai tuntas. Ia sangat yakin isi seluruh buku itu berkualitas karena ditulis berdasarkan pengalaman dan kenyataan empiris dan aktivitas keseharian yang dijalankan dengan nyata.

Edy terutama menyoroti tentang silaturahim yang telah sejak lama disarankan dan secara konsisten dipratikkan Dr Aqua. Hasilnya dahsyat dan luar biasa.

“Makanya saya menyarankan kepada semua pegawai untuk aktif melaksanakan silaturahim seperti yang selalu dilakukan Pak Aqua secara konsisten,” tegas Edy.

Pemberian buku dilakukan pada akhir Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua kepada jajaran pegawai BRI Cabang Salatiga pada Senin pagi tersebut.

 

Kembali Dapat Rezeki

Dr Aqua kembali mendapatkan rezeki. Niatnya semula hanya silaturahim, tapi justru diminta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

 

Saat menemui Edy, tujuan Dr Aqua selain silaturahim adalah memberikan buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim karyanya. Hanya itu. Rencana semula jumpa sebentar kemudian pamit agar tidak terlalu lama mengganggu aktivitas Edy.

 

Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu seoptimal mungkin berusaha melayani setiap permintaan yang diajukan kepadanya. Tujuannya agar orang yang memintanya senang dan tidak kecewa.

 

Itu dilakukan Aqua jika situasi dan kondisinya memungkinkan termasuk keluangan waktunya. Kalau tidak bisa, bapak dua anak itu akan mengatakannya terus terang dan mencarikan alternatifnya. Sembari menyampaikan permohonan maaf.

 

Saat acara itu Edy didampingi empat Asisten Manajer Pemasaran (AMP). Mereka adalah Mahbi Raharto, Tri Agung Chrisnugroho, Singgih Prasojo, dan Dodi Susanto. Sedangkan belasan pegawai lainnya berdiri di tempat kerja masing-masing.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

 

Sengaja dibuat seperti itu sebagai upaya menjaga jarak. Sedangkan pegawai yang berada di lantai dan ruangan lain tidak ikut bergabung di acara tersebut.

 

Dr Aqua menyimak setiap acara. Sekaligus memikirkan berbagai penekanan yang akan disampaikannya.

 

Sebelum Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, Edy lebih dulu memperkenalkan bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu.

 

Pria yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur itu melanjutkan, Aqua sudah sering Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI, termasuk saat dirinya menjabat Pemimpin BRI Cabang Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel beberapa tahun lalu. Waktu itu mantan wartawan di banyak media besar tersebut diundang bicara di Kantor BRI Wilayah Banjarmasin.

 

Selain itu, tambah Edy, pada Jumat pagi (27/8/2021) lalu Dr Aqua melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor BRI Wilayah Semarang Jalan Teuku Umar 24 Semarang. Waktu itu Pemimpin BRI Wilayah Semarang Wahyu Sulistiyono yang mengundangnya.

 

Sangat Bersyukur

Mengawali Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua mengatakan sangat bersyukur karena mendapatkan rezeki dari Edy yang nilainya tidak dapat digantikan oleh uang berapa pun. Berupa amanah untuk berbagi.

 

Penulis banyak buku “super best seller” itu mengajak semua yang hadir untuk banyak bersyukur karena diberi kesehatan yang prima. Selama pandemi Covid-19 ini kesehatan menjadi sangat penting dan nilainya jauh lebih tinggi dibandingkan yang lain termasuk materi.

 

Dengan kesehatan yang prima, lanjut Dr Aqua sehingga semuanya bisa berkumpul untuk melaksanakan doa bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan pekerjaan masing-masing.

 

Rasa syukur berikutnya, kata pria yang memiliki jaringan pertemanan yang luas itu, para pegawai BRI harus bersyukur bekerja di institusi yang kredibel dan sangat dihormati di dunia. Umumnya orang yang bekerja di bank dihargai banyak orang.

 

Bahkan, ungkap Dr Aqua, di beberapa negara maju ada yang gaji bankir berada di urutan teratas. Sama dengan beberapa profesi lainnya. Itu menunjukkan penghargaan yang tinggi pada pegawai bank.

 

Saat pandemi Covid-19, tutur anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini, rasa syukur itu harus lebih meningkat lagi karena tidak ada pegawai BRI yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Bahkan tetap mendapatkan bonus.

 

Sementara banyak orang, tambah Dr Aqua jumlahnya lebih dari 30 juta orang yang terkena dampak pandemi Covid-19. Ada yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), dirumahkan tanpa upah hingga pengurangan jam kerja dan penghasilan.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

 

“Banyak orang yang di-PHK dan mengalami pemotongan gaji selama pandemi Covid-19. Sebagian di antara mereka mungkin ada saudara kita atau orang yang kita kenal. Alhamdulillah pegawai BRI tidak mengalami itu. Bahkan tetap mendapat bonus. Betapa baiknya Direksi BRI kepada semua karyawan,” Aqua mengutarakan kebaikan manajemen BRI.

 

Wujud dari semua rasa syukur itu menurut Aqua adalah selalu berusaha secara maksimal untuk menunjukkan kinerja terbaik. Jangan bekerja asal-asalan yang akhirnya merugikan perusahaan secara keseluruhan.

 

“Targetnya di antara 22 kantor Cabang BRI di Wilayah Semarang, Cabang Salatiga menjadi yang terbaik. Saya yakin hal itu dapat diwujudkan dan prestasi tersebut bisa dipertahankan terus,” papar Dr Aqua.

 

Menyimak Isinya Bagus

Pria yang memiliki jati diri yang kuat itu juga menyinggung tentang AKHLAK dan BRILian Ways. Menurutnya jika melaksanakannya secara konsisten bakal mendapat manfaat di dunia dan akhirat.

 

“Saat pembacaan AKHLAK dan BRILian Ways tadi, saya menyimak. Isinya bagus sekali. Sangat komprehensif. Jika konsisten melakukanya manfaatnya bakal dirasakan di dunia dan akhirat,” tutur Dr Aqua serius.

 

Dr Aqua menegaskan konsistensi seluruh pegawai BRI melaksanakan AKHLAK dan BRILian Ways dalam aktivitas sehari-hari, secara signifikan pengaruhnya besar sekali baik buat kemajuan baik diri setiap karyawan maupun perusahaan.

 

Untuk itu agar kedua hal tersebut tidak sekedar diucapkan bersama-sama oleh para karyawan setiap pagi pada hari kerja ketika acara doa pagi, tapi secara serius, sungguh-sungguh, dan terus-menerus mengimplementasikan dalam berbagai kegiatannya. Hal itu tercermin dari tutur kata dan perilaku pegawai termasuk saat melayani di internal dan eksternal perusahaan.

 

Jangan Jadi Alasan

Terkait dengan kinerja para pegawai, Dr Aqua menegaskan agar pandemi Covid-19 jangan dijadikan alasan untuk tidak mencapai target baik penghimpunan maupun penyaluran dana. Kepada semua karyawan disarankan untuk rajin melaksanakan silaturahim dengan ikhlas. Itu terutama dilakukan kepada para nasabah dan calon nasabah.

 

“Kekuatan dari bisnis termasuk di perbankan adalah marketing. Mereka yang memiliki jaringan yang luas, biasanya tidak akan kesulitan memasarkan jasa dan produk-produknya. Hal tersebut juga saat pandemi Covid-19. Saya sudah membuktikan itu dan berhasil,” jelas Aqua sambil tersenyum. (ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com