JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Boyolali Belum Akan Gelar Swab Test Acak

Siswa di sebuah SD di Boyolali tengah mengikuti pembeljaran tatap muka terbatas / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM   Masih fokus pada pelaksanaan uji coba pembelajaan tatap muka (PTM), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali belum mewacanakan swab acak bagi guru dan siswa.

“Pelaksanaan ujicoba PTM selama ini dinilai berjalan lancar. Sehingga kami saat ini belum ada wacana untuk melakukan swab acak pada siswa dan guru di sekolah yang menggelar ujicoba PTM,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto, Minggu (24/10/2021).

Dijelaskan, swab test acak pada siswa dan guru merupakan kebijakan Kemendikbud. Kebijakannya, sampel diambil 10 persen dari peserta tatap muka oleh Dinkes. Pihaknya juga belum mewacanakan untuk melakukan swab test mandiri.

Baca Juga :  Tiga Motor dan Satu Sepeda Onthel Dilalap Api, Kerugian Capai Rp 100 Juta

“Kami masih fokus pada penerapan prokes dan perluasan PTM di sekolah- sekolah. Apalagi Boyolali sudah mulai ujicoba PTM jenjang TK/PAUD.”

Pihaknya juga terus berkoodinasi dengan Dinkes dan Satgas Covid-19 setempat. Jika sampai ada temuan, maka sekolah yang bersangkutan tutup dulu.

“Kami tetap tekankan bahwa keselamatan siswa yang utama.”

Saat ini hampir semua sekolah SD dan SMP di Boyolali telah melaksanakan ujicoba PTM. Untuk jenjang SMP, sebanyak 48 dari 52 SMPN melaksanakan ujicoba PTM terbatas. Bahkan sudah dilakukan penambahan jam belajar.

Baca Juga :  Dinilai Lakukan Pelecehan, Oknum Perwira Polres Boyolali Dilaporkan

Sedangkan ujicoba PTM SD telah diikuti 321 sekolah. Sebelumnya hanya 56 SD inti, lalu dilakukan perluasan pada 265 SD yang ada ditiap desa. Perluasan PTM juga mulai merambah TK/PAUD dengan izin Bupati.

Senada, Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti mengaku belum ada wacana melaksanakan swab test acak pada peserta ujicoba PTM. Namun, pihaknya terus berkoordinasi dengan Disdikbud terkait pelaksanaan prokes di sekolah.

“Dinkes terus memantau pelaksanaan prokes di sekolah. Namun sejauh ini belum ada laporan, keluhan ataupun temuan paparan.” Waskita

Bagi Halaman